Ahad , 27 September 2015, 08:24 WIB

AFKN Siapkan 500 Mesin Jahit dan Salon untuk Muslimah Papua

Red: Agung Sasongko
ROL/Agung Sasongko
Bantuan AFKN untuk Islamic Center Al Aqsa Walesi, Jayawijaya, Jumat (25/9).
Bantuan AFKN untuk Islamic Center Al Aqsa Walesi, Jayawijaya, Jumat (25/9).

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Yayasan Al Fatih Kaffah Nusantara (AFKN) memanfaatkan momentum Idul Adha 1436 Hijriah dengan menyalurkan bantuan hewan kurban kepada Muslim Papua di Pegunungan Tengah. Sebanyak 41 ekor sapi disalurkan AFKN.

"Sebanyak 15 ekor sapi akan diserahkan kepada umat Islam di Fak-Fak, tujuh ekor di Kaimana, 10 ekor di Asmat, dan 9 ekor di Merauke," ungkap Presiden AFKN, Ustaz Fadhlan Gharamatan.

Selain itu, lebih dari 250 karpet sejadah, 1.500 mukena, 2.000 sarung, 1.500 jilbab, dan 2.500 mushaf Alquran akan dikirim AFKN di setiap wilayah di Pegunungan Tengah. "AFKN sudah mendistribusikannya di Walesi, Lani Jaya, dan Tolikara," kata dia.

AFKN juga berencana membangun rumah imam, dai, dan fasilitas masjid di beberapa desa di Pegunungan Tengah. "Ada 24 dai yang AFKN kirimkan, termasuk dai yang siap menikahi anak kepala suku," kata dia.

Guna menunjang pemberdayaan umat Islam di Pegunungan Tengah, AFKN akan membuat saluran pipa sepanjang 4 km, alat transportasi pada desa binaan di wilayah pantai dan sungai. "Juga 500 mesin jahit dan salon untuk Muslimah pedalaman.  Dari bantuan yang diserahkan, supaya umat Islam menjaga dan menguatkan Islam di tempat tersebut," kata dia.