Rabu , 27 Mei 2015, 10:43 WIB

13 Masalah yang Timbul Jika Anda Kurang Minum (2)

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Republika/Musiron
Minum air putih
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, -- Air minum merupakan hal yang penting untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka akan banyak masalah yang timbul. 

Dilansir dari laman Daily Monitor, Rabu (28/5), berikut masalah yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan air minum:

5. Nyeri sendi

Tulang rawan dan tulang belakang cakram kita terdiri dari 80% air. Jumlah ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang dari bergesekan satu sama lain saat kita bergerak. Dengan menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi, maka kinerja sendi untuk berlari, melompat, atau lainnya bisa lebih maksimal.

6. Massa otot berkurang

Otot-otot kita sebagian besar terdiri dari air. Jelas saja, sedikit air dalam tubuh berarti mengurangi massa otot. Minum air sebelum, selama, dan setelah olahraga tidak hanya membaut otot terhidrasi dan nyaman, tapi juga membawa air ke tempat yang tepat dalam tubuh. 

Selain itu, mengurangi kemungkinan peradangan dan nyeri terkait dengan latihan dan angkat besi.

7. Sakit lama sembuhnya

Minum air memungkinkan tubuh anda mengeluarkan racun. Organ anda bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu layaknya mesin. 

Namun jika anda kekurangan air sebagai 'bahan bakar', mesin itu tidak akan bekerja. Saat tubuh dehidrasi, maka organ tubuh atau mesin tubuh anda akan mengambil pasokan air dari area lain, misalnya darah, yang justru bisa menimbulkan masalah baru.

8. Merasa lesu dan lelah

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh akan mengambil air dari darah. Kurangnya air dalam darah bisa menyebabkan kekurangan oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh. Maka tak heran, kekurangan oksigen bikin anda mengantuk dan mudah lelah. Bisa berakibat fatal. 

Misalnya kelelahan dan mengantuk di jalan bisa bikin kecelakaan.