Senin , 18 May 2015, 12:25 WIB

10 CEO dengan Gelar dan Gaji Tertinggi di Dunia (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
engineeringleadership.net
Marc Benioff
Marc Benioff

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Tiga puluh tahun lalu, CEO yang punya gaji jutaan dolar dipegang oleh petinggi di industri minyak, mobil, baja, atau kereta api. Tapi kini, mereka yang mendapat bayaran tinggi muncul dari kalangan industri teknologi, mulai dari komputer tablet hingga smartphone.

Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Semakin banyak perusahaan teknologi muncul di seluruh dunia, semakin banyak CEO yang mendapatkan jutaan dolar untuk memastikan strategi perusahaan mereka memiliki keunggulan kompetitif di pasar.

Berikut 10 CEO yang tak hanya mendapatkan gaji besar namun juga gelar besar, dilansir dari MyFirstClassLife, Senin (18/5).

7. John Legere (T-Mobile, 29,2 juta dolar AS per tahun)
John Legere awalnya ingin menjadi guru pendidikan jasmani dan kesehatan, tapi ia berubah pikiran untuk mengejar cita-cita yang bisa menghasilkan uang lebih banyak. Legere memulai kariernya dengan AT&T dan bekerja 20 tahun di sana sampai menjabat posisi sebagai Chief Executive untuk Asia.

Legere juga memegang posisi eksekutif di Dell dan Global Crossing dan menjadi CEO dan Presiden Direktur T-Mobile. T-Mobile kini menjadi perusahaan operator telepon seluler terkemuka di Amerika Serikat. Upaya pemasaran T-Mobile yang dirintis oleh Legere telah membuatnya meraih bayaran hingga 30 juta dolar AS per tahun saat ini.

6. Tony Aquila (Solera Holdings, 29,9 miliar dolar AS per tahun)
Tony Aquila pendiri beberapa perusahaan perangkat lunak (software). Ketika bergabung denganSolera Holdings pada 2005, dia langsung menjadi salah satu CEO dengan bayaran tertinggi. Aquila juga menduduki posisi eksekutif di Ensera Inc, Mitchell International, Max Meyer, dan 413 perusahaan lainnya dalam industri. Solera Holdings berasal dari Westlake, Texas dan telah mencetak hit besar dengan lebih dari dua ribu orang karyawan.

Solera adalah perusahaan penyedia perangkat lunak yang digunakan untuk memproses klaim automobile. Jika Anda pernah mengalami sebuah kecelakaan mobil, biasanyaAnda harus memanggil atau datang ke perusahaan asuransi. Dengan Solera, Anda cukup memproses semuanya di ujung ponsel dan Solera yang akan memasukkan informasi Anda. Ini mungkin tampak sederhana, namun asuransi adalah pasar besar Solera yang membuat jutaan kontrak.

5. Marc Benioff (Salesforce, 31,3 juta dolar AS per tahun)
Marc Benioff masih kuliah ketika ia menjual aplikasi perangkat lunak pertama yang mengajarkan orang bagaimana untuk melakukan juggling. Meskipun dia hanya mendapatkan 75 dolar AS dari aplikasi tersebut, itu membawa perubahan besar ketika dirinya berusia 15 tahun.

Benioff mendirikan perusahaan perangkat lunak sendiri tak lama kemudian dan menjual game untuk Atari dan untuk komputer pribadi. Dia menggunakan royaltinya untuk membayar kuliah di University of Southern California. Setelah menyelesaikan kuliah, pada 1999 Benioff bekerja di Salesforce.com di San Fransisco yang merupakan situs khusus penyimpanan awan (cloud storage).

Perusahaan yang memudahkan pembagian informasi antarkaryawan ini sekarang lebih mudah dilakukan lewat Salesforce. Karena kepraktisan dan fungsi programnya yang canggih, Salesforce mencatatkan pendapatan hingga empat miliar dolar AS beberapa tahun terakhir. Benioff menjelma menjadi salah satu orang terpintar di industri teknlogi dengan gaji hingga 31 juta dolar AS per tahun.