Ustaz Arifin Beberkan Keistimewaan Umrah
Kamis , 22 December 2016, 09:59 WIB

Dok Azzikra
Ustadz Muhammad Arifin Ilham dilepas oleh para sahabat tercinta fillah di Majelis Az-Zikra Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2016) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Pimpinan Majelis Az-Zikra Ustadz Muhammad Arifin Ilham hari ini, Kamis (22/12/2016) berangkat menunaikan ibadah umrah. Seperti biasa, Ustadz Arifin Ilham hanya berangkat umrah sekali dalam setahun.

“Alhamdulillah, pagi ini Arifin dilepas oleh para sahabat tercinta fillah, untuk pergi menunaikan ibadah umrah, di Majelis Az-Zikra Sentul, Bogor,” kata Ustadz Arifin Ilham kepada Republika.co.id, Kamis (22/12/2016).

Arifin mengemukakan, banyak sekali fadhilah atau keistimewaan ibadah umrah.  “Banyak sekali keistimewaan ibadah umrah, sehingga mendorong kita lebih semangat menunaikannya,” ujarnya.

Pertama, kata Arifin, umrah adalah jihad sebagaimana ibadah haji. Ia mengutip hadits Rasulullah SAW, dari Aisyah yang  bertanya kepada Rasulullah,  “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umrah.” (HR Ibnu Majah)

Fadhilah kedua, kata Arifin, menghapus dosa di antara dua umrah. Arifin mengutip hadits Rasulullah SAW dari Abu Hurairah, “Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR Bukhari  dan Muslim)

Keistimewaan ketiga ibadah umrah adalah menghilangkan kefakiran dan mendapatkan  hadiah surge Allah SWT. Arifin mengutip hadits Rasulullah SAW dari Abdullah,  “Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga,” (HR An Nasai, Tirmidzi dan Ahmad)

Arifin menegaskan, masih banyak hikmah lainnya menunaikan ibadah umrah. “Misalnya, doa mustajab, dan perjalanannya penuh berkah Allah,” tuturnya.

“Selain itu, umrah adalah napak  tilas perjalanan nabi Allah Ibrahim dan Nabi Muhammad. Umrah juga menumbuhkan kekuatan iman. Umrah juga merupakan gladi resik kematian, dengan pakaian ihram, penyemangat ibadah. Tidak kalah pentingnya, umrah membawa hijrah dan tobat nasuha,” papar Ustadz Muhammad Arifin Ilham.

Redaktur : Irwan Kelana