Senin , 21 September 2015, 15:04 WIB

Ilmuwan Berhasil Rancang Pohon Kehidupan dengan 2,3 Juta Spesies

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Teguh Firmansyah
(iStockphoto:humonia)
Bakteri komunitas yang hidup di rambut kemaluan bisa menyediakan 'penanda mikroba'
Bakteri komunitas yang hidup di rambut kemaluan bisa menyediakan 'penanda mikroba'

REPUBLIKA.CO.ID, DURHAM -- Para ilmuwan berhasil membuat draft pertama pohon kehidupan yang berisi hampir semua mahluk hidup di dunia, Ahad (20/9). Pohon kehidupan tersebut terdiri dari 2,3 juta spesies dari tiga jenis organisme selular, yaitu Archaea, Bakteria dan Eukaryota termasuk tanaman, hewan, mikroba dan fungi.

Pohon kehidupan ini dirancang oleh ilmuwan dari 11 institusi penelitian di seluruh dunia. Mereka saling mengisi kekosongan dari beberapa jenis pohon kehidupan.

"Ini adalah pertama kalinya, menyambungkan banyak titik dan membuatnya jadi satu," kata ketua penyelidik utama, Karen Cranston dari Duke University Amerika Serikat, dikutip Science Alert.

Draft pertama ini adalah gabungan dari 500 pohon kehidupan yang lebih kecil. Tim mensurvei lebih dari 7.500 studi filogenik antara tahun 2000 hingga 2012 di lebih dari 100 jurnal akademik.

Pohon kehidupan ini sangat penting dan berguna sebagai bahan acuan ilmuwan lain. Mereka dapat menambahkan informasi atau mengoreksinya. Tim saat ini sedang mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan ilmuwan masuk ke sistem untuk mengedit data taksonomi.

Menurut Cranston, pohon kehidupan ini dapat menunjukan keberagaman dan melacak tingkat evolusi mahluk hidup sejak 3,5 juta tahun lalu. Tantangan utama dalam merancang adalah tidak terlacaknya perubahan nama satu spesies, salah penulisan hingga pengucapan.

Pohon kehidupan bisa diakses di link berikut: https://tree.opentreeoflife.org/opentree/argus/opentree3.0@1

Sumber : Science Alert
loading...