27 Jamaah Asal Papua Tiba di Madinah
Senin , 22 August 2016, 08:38 WIB

Spedy Paereng/Antara
Warga muslim Papua melaksanakan shalat berjamaah di Masjid Al-Haq, Pomako, Distrik Mimika Timur, Timika, Papua.

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK — Sebanyak 27 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang berangkat pada kloter sembilan dari embarkasi haji Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, sudah tiba di Madinah, Arab Saudi, pada Ahad (21/8) waktu setempat.

Data Kementerian Agama Biak, Senin (22/8), menyebutkan, ke-27 calon haji Biak itu sudah berada di Madinah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Sejumlah kerabat calon haji asal Biak menyatakan, keberangkatan puluhan calon haji Biak Numfor berjalan lanncar hingga tiba di Madinah."Saya sudah mendapatkan informasi dari calon haji Biak telah tiba di Madinah dengan selamat dan lancar," ungkap Ketua Dewan masjid Indonesia Haji Saepuddin.

Sementara itu,  animo umat Islam Kabupaten Biak Numfor untuk pergi menunaikan rukun Islam kelima untuk naik haji ke Tanah Suci meningkat. Buktinya, daftar tunggu haji untuk calon jamaah asal Biak mencapai sebanyak 751 orang.

Sebelumnya, Asisten III Sekda Biak yang juga Ketua panitia haji daerah Abdul Kahar mengakui, kuota haji Biak untuk tahun 2016 sebanyak 27 orang mengalami peningkatan dibanding tahun 2015 tercatat 18 orang. "Keberangkatan 27 calon haji dari embarkasi haji Hasanuddin Makassar pada 21 Agustus 2016 dengan kloter sembilan," ujarnya.

Berdasarkan data 27 calon haji Biak yang berangkat ke tanah suci terdiri berbagai profesi, di antaranya dari aparatur sipil negara/PNS, wiraswasta serta berbagai profesi lain.

Redaktur : Achmad Syalaby
Reporter : Didi Purwadi