Asrama Haji Sumsel Miliki Replika Ka'bah dan Lintasan Sai
Jumat , 09 December 2016, 20:20 WIB

Republika/Maspril Aries
Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya yang sudah selesai pembangunannya dan bisa digunakan calon jamaah haji atau umrah untuk melakukan manasik tawaf sebanyak tujuh kali mengelilingi Kabah.

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG -– Asrama haji Sumatera Selatan segera memiliki replika Kabah dan lintasan sai bagi calon jamaah haji dan umrah yang akan berangkat melalui embarkasi Palembang dari bandar udara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. 

Pembangunan replika Kabah untuk tawaf dibangun dengan ukuran yang sama dengan Kabah yang ada di Masjidil Haram. Juga lintasan sai antara bukit Safa dan Marwa sepanjang 450 meter juga dibangun mirip dengan bentuk seperti yang ada di komplek Masjidil Haram. Tak jauh dari dua bangunan tersebut juga dibangun replika tempat melontar jumrah Aqabah, Ula dan Wustha.

Peletakan batu pertama pembabgunan replika Kabah dilakukan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, 17 Mei 2014 dan menjelang akhir 2016 pembangunan lintasan sai dan tempat melempar jumrah segera selesai.

Menurut Alex Noerdin, dengan selesainya pembangunan tersebut, Asrama Haji Sumsel atau embarkasi Palembang merupakan asrama haji yang memiliki fasilitas terlengkap bagi calon jamaah haji dan umrah. Selain tiga bangunan tersebut, Asrama Haji Sumsel sudah lebih dulu memiliki mock up pesawat jenis Airbus 320.

Replika Kabah dengan ukuran sebenarnya yang sudah selesai pembangunannya dan bisa digunakan calon jamaah haji atau umrah untuk melakukan manasik tawaf sebanyak tujuh kali mengelilingi Kabah.

Lintasan sai dengan ukuran sebenarnya sepanjang 450 meter kini tengah dalam penyelesaian pembangunan. Suasana lintasan sai dibangun seperti bentuk sebenarnya dan dengan interior menyerupai seperti yang ada di komplek Masjidil Haram. Para pekerja sedang menyelesaikan pembangunannya yang diharapkan pada akhir 2016 sudah selesai pembangunannya.

Tak jauh dari dua bangunan replika Kabah dan lintasan sai juga dibangun replika tempat melontar jumrah Aqabah, Ula dan Wustha. Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan tempat melompar jumrah.


Redaktur : Damanhuri Zuhri
Reporter : Maspril Aries