Iran Bantah Kabar tak Kirimkan Jamaah Haji Tahun Ini
Kamis , 05 January 2017, 04:30 WIB

Republika/ Yogi Ardhi
Jamaah Haji Di Mekkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, TEHERAN – Iran membantah adanya kabar yang menyebut bahwa negara tersebut tidak akan mengirimkan calon jamaah haji tahun ini. Iran menegaskan apabila kondisinya memungkinkan, negara tersebut akan mengevaluasi situasi dan membuat keputusan yang sesuai.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi mengklarifikasi adanya kabar yang menyebut Iran menghentikan ibadah haji warga negaranya ke Arab Saudi. Seperti diumumkan sebelumnya, Iran belum menerima undangan dari Pemerintah Saudi untuk haji tahun ini.

"Tetapi apabila undangan telah kami terima dan kondisinya tepat, maka pihak berwenang akan menilai situasi dan membuat keputusan tepat mengenai pengiriman calon jamaah haji Iran ke Makkah,” ujar Ghasemi seperti dikutip dari Mehr News Agency, Rabu (4/1).

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Mohammed Saleh Bentin sudah mulai berdiskui dengan lebih 80 negara termasuk Iran mengenai rincan haji 2017. Namun Kepala Organisasi Haji dan Umrah Iran Hamid Mohammadi, mengatakan bahwa Arab Saudi belum memberikan undangan untuk partisipasi Iran dalam ritual haji tahun ini.

Dia menyebut setiap organisasi haji Iran terus berupaya mengkondisikan agar calon jamaah siap berpartisipasi dalam haji tahun ini.

Redaktur : Bilal Ramadhan
Reporter : Qommarria Rostanti


KURS VALAS

Sumber: Bank Indonesia
Mata uangJualBeli
USD
13365.00
13233.00
SAR
3564.19
3528.05
Last Update : Thursday, 27 April 2017