Kalsel Ingin Kuota Haji Menjadi 4.000 Jamaah
Kamis , 12 January 2017, 14:30 WIB

Amin Madani/Republika
Jamaah Haji Indonesia kloter BDJ 14 asal Embarkasi Banjarmasin menuju Makkah pada musim tahun lalu.

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Noor Fahmi menyatakan, daerahnya menginginkan kuota haji pada musim haji tahun ini sebanyak 4.000 orang. "Ya, kalau bisa kita mendapatkan tambahan kuota haji tahun ini menjadi sebanyak 4.000 orang. Sebab, kuota haji nasional dinyatakan bertambah," ujarnya di Banjarmasin, Kamis (12/1).

Menurut dia, dengan diumumkannya oleh Presiden Joko Widodo bahwa kuota haji nasional tahun ini sebanyak 221 ribu orang, maka besar harapan Kalsel mendapat jatah tambahan kuota cukup banyak. Sebab, tutur Noor Fahmi, kuota haji Kalsel sejak 2013 karena adanya pemotongan 20 persen secara nasional menjadi 3.050 orang dari 3.811 orang.

"Dulunyakan, kuota haji nasional sebanyak 211 ribu orang, karena adanya renovasi Masjidil Haram Mekkah, semua kuota dipotong 20 persen, secara nasional tinggal 168.800 orang. Daerah Kalsel yang sebelumnya 3.811 orang tinggal 3.050 orang," ujarnya.

Dengan dikembalikannya kuota haji nasional menjadi 211 ribu orang, bahkan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi memberi tambahan sebanyak 10 ribu orang, hingga menjadi 221 ribu orang, Kalsel berharap ditambah kuota dari sebelumnya menjadi tembus 4.000 orang. Sebab, kata dia, daftar tunggu haji Kalsel saat ini sudah teramat panjang, hingga mencapai 75 ribu orang, tentunya kalau dihitung dengan kuota haji yang ada setiap tahunnya, daftar tunggu keberangkatan haji di daerah ini sudah di atas 20 tahun.

"Inilah yang terus kita perjuangkan agar ada kebijakan memberikan tambahan kuota haji setiap tahunnya, kebetulan diumumkan presiden kita bahwa kuota haji nasional tahun ini bertambah," ujarnya.

Memang, kata Noor Fahmi, belum ada surat resmi dari kementerian agama pusat dengan penambahan kuota haji tahun ini ke Kanwil Kemenag Kalsel, hingga pihaknya belum bisa mengumumkan penambahan kuota haji provinsi tahun ini ke masyarakat. Dia menyatakan, pelayanan haji di daerah ini akan terus ditingkatkan, termasuk tahun ini untuk pelayanan asrama haji Kalsel sudah memiliki gedung penginapan yang sangat baik, yakni, bertaraf hotel bintang tiga. "Kita berupaya sebaik mungkin meningkatkan pelayanan haji, termasuk upaya meningkatkan kuota haji yang terus diusulkan ke pusat," ujarnya.

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : Antara