Imigrasi Palembang Siapkan Layanan Tambahan Kuota Haji
Ahad , 05 Februari 2017, 04:35 WIB

Republika/ Wihdan
Petugas imigrasi memeriksa paspor calon jamaah haji. (Republika/ Wihdan)

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG -- Kantor Imigrasi Palembang mempersiapkan layanan pembuatan paspor untuk penambahan kuota haji Sumatra Selatan pada 2017.

"Rencananya akan ada layanan pembuatan paspor mobile di satu kabupaten dan penjadwalan pembuatan paspor secara terpadu," kata Kasi Informasi dan Sarana Komunikasi Kantor Imigrasi Palembang Irawan Widarto, Jumat (3/2).

Menurut dia, penambahan kuota sendiri oleh pihak Imigrasi Palembang sudah melayani pembuatan paspor haji dan umroh secara mandiri, yaitu langsung diurus oleh calon haji yang bersangkutan.

"Biasanya secara kolektif melalui Kemenag atau Depag dan juga KBIH masing-masing," ujar dia.

Untuk sementara ini, baru dua kabupaten yang berkoordinasi pembuatan paspor haji yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI). Kabupaten OKI sudah menyatakan jumlah calon jamaah haji mereka sebanyak 150 orang, sementara OI masih berkoordinasi terkait jumlah.

Pihak Imigrasi Palembang rencannya akan menjalankan unit mobile pembuatan paspor ke OKI sekitar 13 Februari.
"Kami masih mengecek kesiapan perangkat untuk ini bila siap kami datangi ke lokasi," katanya.

Unit Mobile ini diperkirakan mampu mempermudah pelayanan pembuatan paspor di daerah."Terutama bagi calon jamaah haji yang saat ini juga lebih dekat dengan domisilinya," ujarnya.

Untuk Kota Palembang dan kabupaten lainnya masih menunggu koordinasi Kanwil Kemenag Sumsel dan KBIH masing-masing daerah.


"Bila bersamaan maka kami akan buat sistem layanan terjadwal agar tidak mengganggu layanan lainnya," kata dia.

Kanwil Kemenag Sumatra Selatan secara resmi telah menyebutkan adanya penambahan kuota haji di provinsi ini yang semula berjumlah 5.040 menjadi 6.300 orang.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : antara