Kemenag HSU Berharap Dapat Tambahan Kuota Haji
Ahad , 12 Februari 2017, 04:59 WIB

Heri Ruslan/Republika Online
Jamaah haji nonkuota (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, AMUNTAI -- Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Hulu Sungai Utara (HSU) Asnawi mengatakan pihaknya berharap bakal mendapatkan jatah tambahan kuota haji pada 2017 mengingat minat masyarakat di daerahnya untuk berhaji cukup tinggi.
Menurut Asnawi di Amuntai Kamis, hingga kini pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kemenag RI, terkait rencana penambahan kuota haji sebesar 10 ribu orang untuk seluruh Indonesia.

"Kalau memang benar ada penambahan kuota, kita berharap HSU menjadi salah satu kabupaten yang menjadi prioritas penambahan jumlah kuota jemaah haji," katanya.

Menurut dia, hingga kini pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa kuota kenaikan untuk Kabupaten HSU, karena belum menerima pemberitahuan secara resmi.

Asnawi mengatakan, kuota haji se Kalsel sebanyak 3.050, dan tentu diperkirakan akan bertambah menjadi 3.811 orang, jika benar-benar ada kenaikan kuota.

"Masyarakat tentu berharap, rencana penambahan kuota ini terealisasi, khususnya bagi calon haji yang masih menghuni daftar tunggu keberangkatan, sehingga antrian berangkat haji tidak begitu lama," katanya.

Menurut dia, jumlah daftar tunggu haji di Kabupaten HSU sebanyak 7.824 orang, maka bagi masyarakat yang mendaftar tahun ini harus menunggu selama 31 tahun baru bisa berangka.

Namun jika ada penambahan kuota haji, maka lama tunggu keberangkatan haji bisa berkurang menjadi 20 tahun. Menurut Asnawi, jama'ah calon haji Kabupaten HSU yang akan berangkat tahun ini, sudah diestimasi sebanyak 206 orang, jumlah ini bisa ditambah jika kuota haji benar-benar dilakukan.

Meski masyarakat belum mengetahui rencana kenaikan kuota haji, namun antusias masyarakat HSU mendaftar haji sangat besar, terbukti pada Bulan Januari 2017 sudah terdaftar sebanyak 129 orang.

"Kemungkinan dalam dua bulan saja sudah terdaftar sebanyak satu keberangkataan jema'ah haji," kata Asnawi.