Ogun Manfaatkan Normalisasi Kuota Haji
Selasa , 14 March 2017, 09:05 WIB

AFP
jamaah haji Nigeria (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABEOKUTA -- Dewan Kesejahteraan Jamaah Muslim Ogun (negara bagian Nigeria) akan memanfaatkan sebaik mungkin jumlah kuota haji yang diberikan kepadanya. Ogun mendapat kuota 1.353 orang yang dialokasikan oeh Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) untuk musim haji 2017. 

Ketua Dewan Dewan Kesejahteraan Jamaah Muslim Ogun Ishaq Yusuf mengatakan, kenaikan kuota tersebut akan memberikan ruang bagi dewan untuk mengakomodasi jamaah yang berniat pergi ke Tanah Suci lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan alokasi itu sebagai hasil dari keputusan oleh Otoritas Saudi Arab yang menormalisasikan kuota haji semua negara.

Sebelumnya, kuota jamaah setiap negara dipangkas 20 persen sejak 2013 akibat adanya perluasan area Masjidil Haram. Saat itu, kuota haji Nigeria berkurang dari 95 ribu menjadi 76 ribu.

"Para jamaah kini dapat menarik napas lega karena kuota untuk Ogun telah meningkat dari 1.095 ke 1.353. Saudi telah meyakinkan fasilitas dan layanan transportasi telah ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan para jamaah di seluruh dunia," ujar Yusuf seperti dilansir dari Leadership News, Ahad (13/3) waktu setempat.

Dia menyarankan, semua jamaah di negara bagian tersebut yang berniat pergi haji segera mengunjungi kantor dewan untuk mengisi formulir haji 2017. Jamaah yang sudah mengisi formulir dapat memulai pembayaran biaya haji.


Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Qommarria Rostanti