Makkah Jadi Incaran Pembangunan Hotel Berbintang
Kamis , 18 May 2017, 15:46 WIB

Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Makkah menjadi kota di Arab Saudi yang paling banyak mengalami pengembangan hotel. Diperkirakan ada sekitar 15.546 kamar hotel dibuka antara 2017 hingga 2019.

Hotel-hotel bintang empat dan lima mendominasi pembangunan di Makkah. Menurut laporan Colliers International Saudi Arabia untuk kuartal I 2017 seperti dilansir dari Trade Arabia News Service, Kamis (18/5), pengembangan hotel bergengsi di Makkah terus berjalan.

Sekitar 90 persen diantaranya adalah hotel bintang lima. Millennium Hotels and Resorts adalah salah satu hotel mewah di Makkah dan diproyeksikan akan terus melebarkan usahanya hingga memiliki total kamar 7.660 pada 2019.

Pada kuartal I 2017, Makkah mengalami penurunan RevPAR (sebuah istilah di industri perhotelan yang merupakan hasil perhitungan keseluruhan pendapatan penjualan kamar berbagi dengan jumlah kamar yang tersedia di hotel tersebut) sebesar 22 persen dari tahun ke tahun.

Hal ini sebagai akibat terdevaluasinya mata uang di sumber pasar utama jamaah yakni Indonesia dan Mesir, serta adanya peningkatan biaya visa umrah dan haji. Penurunan RevPAR diperkirakan akan berlanjut hingga akhir 2017.

Kota Jeddah diharapkan dapat melakukan hal serupa seperti Makkah. Jeddah  berpotensi menjadi pemain terkuat properti hotel di Saudi. Kota ini dinilai memiliki prospek jangka panjang dan positif yang mampu menghasilkan keuntungan dari bisnis perhotelan.


Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Qommarria Rostanti