Jamaah Diminta Waspadai Air Zamzam Palsu di Arab Saudi
Selasa , 30 May 2017, 09:54 WIB

Antara/Saptono
Air Zamzam

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Ribuan botol air zamzam yang dipalsukan telah dihancurkan pemerintah Arab Saudi. Sejumlah toko isi ulang turut disegel dalam penggerebekan yang dilakukan di seluruh daerah di Kerajaan Arab Saudi tersebut.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (30/5), permintaan air zamzam di bulan suci Ramadhan memang mengalami kenaikan, lantaran orang lebih suka berbuka dengan air zamzam. Selain itu, jamaah membeli air zamzam untuk dibawa ke negara asal.

Untuk menghentikan pasar gelap air zamzam, pemerintah telah memberi izin hanya kepada toko-toko resmi untuk menjual air yang berharga itu. Tapi, banyak toko tidak resmi ditemukan menjual air zamzam yang ternyata telah dicampur air biasa.

Baru-baru ini, pihak berwenang di Madinah menyita lebih dari 3.000 botol air zamzam yang telah dipalsukan, dengan merek King Abdullah Zamzam Water Project. Ribuan botol itu ditemukan di lingkungan perumahan di Madinah.

Kementerian Perdagangan dan Investasi Saudi mengumumkan pula penutupan pabrik air di Buraidah, yang mengisi ulang botol air zamzam dengan air biasa. Mereka menemukan sekitar 6.500 botol air zamzam yang telah dipalsukan.

Penggerebekan itu turut menemukan sebuah gudang air minum di Makkah, yang menyimpan air zamzam palsu dan menjualnya ke toko-toko. Sebanyak 200 ribu botol yang ditemukan telah dihancurkan dan gudang itu langsung disegel.

Di Hail, mereka menemukan 1.600 botol air zamzam palsu. Maka itu, Otoritas Makanan dan Obat Saudi mengingatkan pula pelanggan untuk membeli air zamzam dari toko-toko yang tidak resmi, apalagi dengan iming harga yang lebih murah.

Redaktur : Bilal Ramadhan
Reporter : Wahyu Suryana