Sekjen Kemenag: Visa tak Boleh Lagi Bermasalah
Selasa , 13 Juni 2017, 14:00 WIB

ROL/Wisnu Aji Prasetiyo
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nur Syam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Kementerian Agama Nur Syam mengatakan, persiapan pelaksanaan haji baik di Saudi maupun di Indonesia, telah sampai pada tahap akhir.  "Persoalan visa tidak boleh terjadi hal yang sama seperti tahun lalu seperti visa tercecer, " kata dia di Hotel Mercure, Senin (12/6).

Nur Syam memastikan, visa akan selesai seluruhnya maksimal satu hari sebelum kloter pertama berangkat. Plt Dirjen Penyelenggaraan haji dan umrah ini juga mengatakan, telah berkoordinasi dengan kepala kantor wilayah kemenag dan kepala bidang haji di seluruh Indonesia terkait paspor seluruh jamaah haji yang akan berangkat tahun ini.  "Setelah paspor dikumpulkan sesuai kloter masing-masing maka akan bisa segera diproses pemvisaan, " ujar dia.  

Masalah lainnya terkait penumpukan jamaah haji di bandara saat berangkat di embarkasi maupun tiba di Saudi.  Dia telah mengatur jadwal keberangkatan seketat mungkin, sehingga dapat mengurangi penumpukan di bandara. Koordinasi dilakukan baik dengan Saudi Airlines maupun Garuda Airlines.  

Sedangkan masalah disparitas pemondokan,  menurut dia, kecil kemungkinan akan terjadi. Karena, dari seluruh hotel yang disewa, sebagian besar memiliki standar hotel bintang tiga. Selain itu hotel lama yang kurang layak atau hotel lama saat ini nyaris tidak ada.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti