Menag Sebut Persiapan Haji Sudah 90 Persen
Rabu , 14 June 2017, 13:49 WIB

Republika/Wihdan Hidayat
jamaah haji (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengaku bersyukur atas persiapan haji 1438 Hijriah yang telah dilakukan. Bahkan, ia sudah tidak segan menyebut persiapan haji sudah hampir selesai dilakukan.

"Kita bersyukur hampir 95-97 persen segala persiapan di Tanah Suci sudah mendekati final," kata Lukman yang ditemui usai membuka Pembekalan Petugas Haji di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (13/6) malam.

Ia menerangkan, mulai dari hotel di Makkah dan Madinah, semua proses sewa dan kontrak sudah rampung dilakukan. Selain itu, aspek-aspek lain seperti bus shalawat, armada antar kota dan katering, telah pula selesai dilakukan. "Nyaris final seluruhnya di Tanah Suci," ujar Lukman.

Untuk itu, ia menekankan saat itu persiapan yang dilakukan terletak di dalam negeri seperti di aspek dokumen, paspor dan visa. Senada, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong merasa, persiapan untuk paspor dan visa sudah berjalan baik.

Ali berpendapat, persiapan lain seperti untuk akomodasi, konsumsi, transportasi dan kesehatan turut berjalan baik. Tapi, ia berjanji pengawasan akan terus dilakukan di dalam pelaksanaannya, agar persiapan dan pelaksanaan dapat seirama.

"Itu (pelaksanaan) perlu dilihat perkembangan selanjutnya, DPR akan kirim juga orang ke Tanah Suci untuk memantau," ujar Ali yang turut menghadiri Pembekalan Petugas Haji Arab Saudi.

Redaktur : Gita Amanda
Reporter : Wahyu Suryana