3.240 Koper Calon Haji Riau Didistribusikan
Jumat , 16 June 2017, 05:11 WIB

Republika/Didi Purwadi
Koper barang bawaan jamaah haji Indonesia ditaruh di depan hotel sebelum diangkut ke truk di pemondokan 101 Mahbas Jin, Makkah, Kamis (15/9) untuk dibawa ke bandara sebagai persiapan kepulangan jamaah. (Republika/Didi Purwadi)

IHRAM.CO.ID, PEKANBARU —  Kanwil Kemenag Riau telah mendistribusikan sebanyak 3.420 koper jamaah calon haji untuk memuat barang-barang yang dibawa dari Tanah Air menuju ke Tanah Suci Mekah.

"Pendistribusikan akan dilaksanakan sebanyak dua tahap karena proses ekspedisi dari Jakarta-Riau dilakukan dua kali sehingga otomatis pendistribusian ke daerahpun dilakukan dua tahap," kata Kasi Akomodasi, Transportasi dan Penerbangan Haji Bidang PHU Kanwil Kemenag Riau, Dra Hj Musalmah MA di Pekanbaru, Selasa (13/6).

Seperti disampaikan Humas Kemenag Riau, dia mengatakan, berdasarkan estimasi jumlah koper untuk jamaah calon haji (JCH) Riau sebanyak 5.064 koper, terdiri atas 5.030 untuk reguler dan 34 untuk TPHD.

Ia menyebutkan, jumlah koper yang sudah sampai dan telah didistribusikan sebanyak 3.420 koper, sisanya sebanyak 1.644 saat ini masih dalam perjalanan.

"Sebanyak 1.644 koper saat ini masih dalam perjalanan, diperkirakan akan tiba dalam minggu ini juga," katanya.

Ia menjelaskan, koper-koper tersebut dikirim melalui kapal laut dari Jakarta dan di bongkar di Perawang baru diangkut dengan truk ke Kanwil Kemenag Riau sebelum didistribusikan ke daerah.

Pendistribusian koper JCH, katanya lagi, sudah sesuai dengan jumlah JCH kabupaten dan kota, sedangkan pendistribusian tahap pertama berdasarkan data JCH yang melakukan pelunasan pada tahap awal.

"Kita berharap koper-koper JCH segera sampai dan untuk selanjutnya secepatnya bisa didistribusikan ke masing-masing JCH yang berada di 12 kabupaten dan kota di Riau," katanya.