Pangdam IX Udayana Umrahkan Tujuh Prajurit
Ahad , 18 June 2017, 06:03 WIB

Republika/Yogi Ardhi
Jamaah umrah

IHRAM.CO.ID, MATARAM, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak memberikan penghargaan umrah kepada tujuh prajurit muslim yang dinilai telah menunjukkan dedikasi tinggi sebagai pengabdi negara yang beriman dan bertakwa.

"Ini untuk memberikan motivasi dan semangat kepada anggota saya supaya nantinya berlomba-lomba dalam meningkatkan keimanannya," kata Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak yang ditemui saat mengikuti kegiatan Safari Ramadan di Makorem 162/Wira Bhakti, Mataram, Jumat.

Tujuh prajurit yang beruntung mendapat kesempatan melaksanakan ibadah ke tanah suci Mekkah tersebut bertugas di Kodam IX/Udayana dan Korem 162/WB.

"Ada yang dari Korem 162/WB, sebanyak lima orang, dua lagi dari Kodam IX/Udayana," ujarnya.

Selain yang muslim, Pangdam IX/Udayana juga memberikan kesempatan kepada prajurit non-muslim untuk beribadah ke tempat suci agama mereka.

"Jadi yang kemarin diberangkatkan itu ada 19 prajurit, untuk yang Islam tujuh orang, beragama Hindu ke India lima orang, kemudian yang Kristiani ke Jerussalem ada enam orang," ucap Komaruddin.

Penghargaan ini bukan untuk pertama kalinya diberikan kepada anak buahnya. Sebelum menjadi Pangdam IX/Udayana, dia pernah memberangkatkan 100 orang lebih prajuritnya ke tanah suci.

"Saat saya bertugas di Banjarmasin, ada sekitar 120 orang yang berangkat, saat di Paspampres juga pernah, kemudian saat bertugas di Kodiklat Bandung pernah memberangkatkan sembilan orang," ujarnya.

Namun dengan adanya pemberian penghargaan ini, Komaruddin tidak hanya ingin membangun motivasi para prajuritnya, melainkan juga berharap agar para perwira lainnya dapat melakukan hal yang serupa.

"Kepedulian terhadap anak buah itu adalah kunci utama untuk keberhasilan, jadi semoga ini bisa menjadi contoh bagi para perwira lainnya," kata Komaruddin.

Redaktur : Muhammad Subarkah