Pakistan Bersiap Kirimkan 179.210 Calhaj Tahun Ini
Kamis , 06 Juli 2017, 12:55 WIB

berecorder
Calon haji Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Sejumlah negara Muslim akan mulai mengantarkan calon jamaah hajinya ke Tanah Suci pada 25 Juli 2017. Termasuk di antaranya Pakistan. Pemberangkatan calon jamaah haji akan berlangsung selama satu bulan.

Dilansir The News Pakistan, tahun ini, Arab Saudi menetapkan kuota untuk Pakistan sebanyak 179.210 calon jamaah haji. Sebanyak 107.526 orang termasuk dalam golongan haji reguler yang diurus oleh pemerintah. Sementara sisanya termasuk golongan haji khusus yang ditangani oleh swasta.

Saat ini, Kementerian Urusan Agama dan Kerukunan Antar Agama Pakistan sedang melangsungkan pelatihan untuk 34 ribu calhaj. Jadwal pelatihan atau manasik telah disusun untuk 73 ribu orang sisanya.

Sekitar 50 persen jamaah direncanakan untuk terbang ke Madinah Munawara dan lainnya ke Makkah. Persiapan lainnya, pemerintah Pakistan masih melakukan seleksi terhadap tim misi medis haji sebanyak 500 orang. Sekitar 40 nominasi akan dipilih dari golongan tentara.

Setelah persiapan tim medis selesai, mereka akan melangsungkan jadwal vaksinasi untuk jamaah haji, termasuk pemeriksaan medis lainnya. Sementara persiapan medis di rumah sakit di Mekkah dan Madinah telah dirampungkan.

Pakistan termasuk salah satu negara yang mengirimkan calhaj terbanyak dalam pelaksanaan haji di Arab Saudi. Indonesia menjadi negara calhaj terbanyak, yakni sebanyak 221 ribu calhaj. Kebijakan pemerintah Saudi menetapkan kuota berdasarkan jumlah penduduk Muslim di negara tersebut. Kuota ini dihitung berdasarkan proporsi satu kuota per 1.000 warga Muslim di sebuah negara.





Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Lida Puspaningtyas