Embarkasi Palembang Berangkatkan 8.104 Calhaj
Jumat , 07 July 2017, 15:59 WIB

Antara/Feny Selly
Calon jamaah haji kloter pertama embarkasi menanti giliran pembagian gelang dan paspor di Asrama Haji Palembang, Sumsel (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,PALEMBANG --- Musim haji 1438 H/2017 embarkasi Palembang akan memberangkatkan calon jamaah haji (calhaj) yang berasal dari dua provinsi yaitu Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel) melalui bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

“Kloter pertama akan berangkat pada 4 Agustus 2017,” kata Kasubbag Informasi dan Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumsel Saefudin Latif, Jumat (7/7).

Dari jumlah 8.104 tersebut calon jamaah haji tersebut, sebanyak 7.035 jamaah berasal dari Sumsel yang terdiri dari 6.988 orang calon jamaah haji dan 47 orang tim pemandu haji daerah (TPHD). Sisanya dari Provinsi Bangka Belitung sebanyak 1.069 orang calon jamaah haji.

Menurut Saefudin, calon jamaah haji embarkasi Palembang akan diberangkatkan dengan menggunakan maskapai penerbangan Saudi Arabian Airlines. Kloter pertama sebanyak 450 orang yang terdiri dari calon jamaah haji dan petugas TPHD berasal dari Provinsi Sumatera Selatan. “Kloter pertama akan terbang dari bandara SMB II menuju bandara internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz di Madinah.”

Embarkasi Palembang, menurut Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel, akan memberangkat calon jamaah haji tersebut tergabung dalam 19 kloter. Khusus kloter terakhir atau 19 dari embarkasi Palembang akan berangkat 94 orang jamaah. Kemudian dari bandara SMB II pesawat Saudi Arabian Airlines terbangka ke Jambi menjemput calon jamaah dari provinsi tersebut yang tergabung kloter embarkasi Batam (BTH).

Untuk pemondokan calon jamaah haji Sumsel dan Babel selama berada di Makkah akan berada di wilayah Mabhas Jin, Jarwal, Misfalah dan Raudhah. Rata-rata jarak pemondokan jamaah embarkasi Palembang berjarak sekitar 2-3 kilometer dari Masjidil Haram. Bagi jamaah yang mendapatkan pemondokan berjarak lebih dari 1,5 km akan disediakan bus shalawat.

Untuk calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 1,2,11,12 dan 17 di wilayah Mabhas Jin. Kloter 4,14,15 dan 16 di wilayah Jarwal. Kloter 3,7,10 dan 18 di wilayah Misfalah. Kloter 5,8 dan 13 di wilayah Raudhah. Kemudian kloter 9 di wilayah Aziziyah dan kloter 6 di wilayah Syisyah.

“Untuk calon jamaah haji asal Babel akan berangkat dengan kloter 6 dan 7 ditambah kloter 8 yang merupakan gabungan dari sisa jamaah Sumsel dan Babel,” ujar Saefudin.

Pada musim haji 1438 H/2017 kuota haji asal Sumatera Selatan ditetapkan sebanyak 7.035 orang jamaah. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari jumlah sebelumnya saat pemotongan 20 persen yaitu 5.040 orang jamaah. Sebelum pemotongan pada saat normal kuota haji Sumsel sebanyak 6.300 orang jamaah.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Maspril Aries