Calon Haji Rejang Lebong Tergabung di Kloter Empat
Jumat , 07 July 2017, 17:12 WIB

Republika/Wihdan Hidayat
Calon jamaah haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, REJANG LEBONG -- Kepala Kemenag Rejang Lebong H Tasri mengatakan, calon haji asal daerah itu masuk di kloter empat bersama dengan calon haji asal dari Kabupaten Bengkulu Selatan dan calon haji asal Kota Bengkulu.

"Calon haji Kabupaten Rejang Lebong yang akan berangkat haji tahun ini sebanyak 238 orang. Para calon haji ini tergabung kloter empat, namun untuk Rejang Lebong jamaahnya utuh, sedangkan dari Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan hanya tambahan saja," katanya.

Para calon haji Rejang Lebong akan diberangkatkan dari Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong usai shalat Subuh pada Selasa (1/8), dengan menggunakan bus antarkota. Pada malam harinya akan berangkat ke embarkasi Padang guna diterbangkan ke Madinah melalui embarkasi antara Fatmawati Bengkulu.

Sejauh ini, persiapan pemberangkatan Calon Jamaah Haji setempat sudah 90 persen karena untuk biaya pelunasan ibadah haji (BPIH) semua calon haji sudah melunasinya 100 persen. Selain itu, pemeriksaan kesehatan para calon haji ini juga sudah dilaksanakan, termasuk pemberian vaksin menengitis.

Sedangkan untuk pelaksanaan manasik haji kepada 238 calon haji yang berasal dari 15 kecamatan di daerah itu pelaksanaannya dibagi menjadi enam lokasi. Manasik akan dilaksanakan delapan kali dan pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten dilaksanakan dua kali.

Sementara itu, dari 238 calon haji Rejang Lebong yang akan berangkat haji tahun 2017 terbanyak berasal dari Kecamatan Curup Tengah yang mencapai 45 orang dan paling sedikit berasal dari Kecamatan Sindang Beliti Ulu dan Sindang Beli Ilir dengan masing-masing dua orang.