Anggota Jamaah Haji Sumut 8.343 Orang
Sabtu , 08 Juli 2017, 10:50 WIB

Republika/Wihdan Hidayat
jamaah haji (ilustrasi)

MEDAN — Kementerian Agama mencatat jumlah anggota jemaah haji embarkasi/debarkasi Medan, Sumatra Utara (Sumut) pada 2017 mencapai 8.343 orang dan akan dibagi dalam 22 kelompok terbang atau kloter.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumut Tohar Bayoangin di Medan, Jumat (7/7), mengatakan jika ditambah 105 petugas penyelenggara, maka jumlah anggota jemaah haji embarkasi/debarkasi Medan 2017 menjadi sebanyak 8.448 orang.

"Keberangkatan haji dibagi dalam 22 kloter dan mulai diberangkatkan pada 27 Juli," katanya usai acara pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Medan 1438 Hijriah/2017 Masehi yang dilakukan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi.

Erry meminta PPIH melaksanakan tugasnya secara lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan pelayanan yang lebih baik, diharapkan debarkasi haji dari Sumut menjadi yang terbaik.

"Kalau pelayanan pelaksanaan ibadah haji baik, diharapkan jemaah haji Sumut bisa jadi haji mabrur sehingga bumi Sumut semakin berkah dan mendapat rahmat dari Allah," katanya.

Menurut gubernur, embarkasi Medan pernah menjadi yang terbaik sehingga diharapkan bisa dicapai lagi. Asrama Haji Sumut termasuk yang terbaik dengan fasilitas hotel bintang tiga plus.

Dia menegaskan, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional dimana pemerintah berkewajiban memberikan bimbingan, pelayanan, dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, akomodasi, transportasi, kesehatan, dan lainnya.

Redaktur : Muhammad Subarkah
Sumber : antara