Tips Nyaman Calhaj di Pesawat
Senin , 17 Juli 2017, 13:43 WIB

Antara/Sahrul Manda Tikupadang
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua kiri) didampingi Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury (ketiga kiri) memeperhatikan peragaan pramugara di Mock Up Pesawat Garuda usai peresmian di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon jamaah haji asal Indonesia akan mulai berangkat ke Arab Saudi pada 28 Juli mendatang. Mereka akan menempuh perjalanan selama sembilan jam menggunakan pesawat Garuda dan Saudia Airlines.

Kasubag Humas Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) memberikan tips agar calon jamaah haji merasa nyaman saat berada dalam perjalanan di dalam pesawat. Terutama bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan pesawat dengan jarak jauh.

Pertama, tempat duduk harus senyaman mungkin. Usahakan membawa barang bawaan secukupnya ke kabin pesawat.

"Kedua, gunakan waktu tidur secara cukup dan cermat. Jangan berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh,"jelas dia yang dilansir dari website kemenag.go.id, Senin (17/7).

Ketiga, hindari minuman berkafein. Minuman berkafein dapat meningkatkan rasa cemas.

Sebaiknya selama di pesawat calhaj mengkonsumsi cukup air putih, jus buah dan makanan secukupnya. Makanan yang diberikan pramugari sebaiknya langsung dimakan dan dihabiskan.

Keempat, gunakan selalu sabuk pengaman selama duduk maupun tidur di pesawat. Kelima, gerakan kaki setiap 2-3 jam ketika duduk.

Menggerakkan kaki ketika duduk agar tubuh tidak kaku dan menghindari risiko DVT (Deep Vein Trombosis). Risiko ini menyebabkan tersumbatnya pembulh darah vena akibat lepasnya beguan dinding pembuluh darah.

"Keenam, untuk mengurangi risiko nyeri pada telinga akibat perbedaan tekanan udara, buka mulut waktu pesawat akan naik dan turun. Permen yang dibagikan pramugari sangat berguna dengan tujuan mulut mengunyah dan terbuka waktu pesawat akan naik dan turun. Sehingga risiko telinga sakit akan berkurang.

Ketujug, hindari menahan keinginan buang air kecil di pesawat. Calhaj dapat bertanya kepada awak kabin untuk menggunakan toilet pesawat jika tak tahu cara menggunakannya.

Menahan buang air kecil berisiko bagi kesehatan. Kedelapan, berdoa untuk keselamatan penti dan tentu ikuti setiap arahan awak kabin.


Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti