Gelombang I Haji Berangkat 28 Juli, Ini Pesan Menag
Selasa , 18 July 2017, 03:24 WIB

Yasin Habibi/ Republika
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Gelombang pertama jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan pada Jumat (28/7) dari seluruh embarkasi yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Air. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengimbau calon jamaah haji (calhaj) mempersiapkan stamina dan kesehatan fisik. Persiapan ini penting mengingat pada hakikatnya, haji adalah ibadah yang bertumpu pada fisik.

“Haji ibadah yang berbeda membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa,” kata dia saat memberikan pembekalan tim Media Centre Haji 2017 di Jakarta, Senin (17/2017).  Dia menyarankan calhaj berlatih olah fisik, minimal berjalan kaki agar terbiasa nanti selama di Arab Saudi.

Menag menambahkan, pelaksanaan haji tahun ini, akan berlangsung dalam kondisi cuaca yang ekstrem panas. Hendaknya jamaah menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. 

Potensi dehidrasi dan heat stroke (serangan panas) sangat besar pada musih haji 2017 sangat besar. “Karena itu persiapkan diri semaksimal mungkin agar ibadah haji kita maksimal,” kata dia.

Lebih lanjut dari segi persiapan, kata Menag, pemerintah berupaya meningkatkan pelayanan di berbagai sektor. Di sektor transportasi misalnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan pembaruan armada yang digunakan jamaah haji selama di Tanah Suci. 

Minimal usia kendaraan keluaran 2009. Pemerintah juga melakukan pergantian perdana tenda Arafah dengan spesifikasi yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.”Ini semua dilakukan guna memberikan layanan terbaik bagi jamaah,” tutur dia.     

 

Redaktur : Nasih Nasrullah