Jamaah Haji Asal Jabar Kloter Pertama Berangkat Pekan Ini
Rabu , 26 July 2017, 16:40 WIB

Mahmud Muhyidin
Calon jamaah haji dari kelompok terbang (Kloter) kloter 1 Jabar (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Sebanyak 38.852 jamaah haji asal Jawa Barat akan berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun 2017 ini. Di antaranya akan berangkat ke tanah suci pada pekan ini.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji Kemenag Kanwil Jawa Barat, Gatot Fajar Arifianto mengatakan, kloter pertama ibadah haji dari Jawa Barat dijadwalkan berangkat menuju tanah suci pada Jumat 28 Juli 2017 pukul 10.00 WIB. Rombongan jamaah berasal dari Kabupaten Cianjur. "Jumlah 404 jamaah dari Kabupaten Cianjur," kata Gatot, Rabu (25/7).

Kemudian, kata Gatot, pemberangkatan disusul kloter kedua pada hari yang sama, pukul 12.00 WIB. Jamaah haji yang berangkat terdiri dari 13 jamaah dari Kabupaten Bogor, 257 jamaah dari Kota Sukabumi dan 134 jamaah Kabupaten Cianjur.

Ia mengatakan, pihaknya memastikan persiapan administrasi keberangkatan jamaah tidak terkendala. Segala dokumen dan persyaratan dipersiapkan sebelum keberangkatan.

Menurutnya visa calon jamaah haji pun sudah rampung. Dari 38 ribuan dokumen visa sudah diambil Kemenag Kanwil Jawa Barat. Sisanya masih ada sebagian di Astama Haji Bekasi yang akan segera diambil. "Kurang lebih yang sudah masuk itu 26 ribu sekian, visa sudah keluar dari total keseluruhan 38.852," ujarnya.

Gatot mengatakan, akan segera mengurus tuntas sehingga diharapkan tidak menghambat keberangkatan jamaah haji. Ia menargetkan, pekan ini permasalahan visa sudah bisa diambil keseluruhan.

Selain kesiapan dokumen, pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk memeriksa ulang vaksinasi para jamaah yang akan berangkat. Hal ini untuk mencegah para calon jamaah haji terkena penyakit di tanah


Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Zuli Istiqamah