Satu Jamaah Solo Wafat di Madinah
Rabu , 02 August 2017, 19:48 WIB

ROL/Ani Nursalikah
Kloter pertama jamaah calon haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Satu jamaah haji Indonesia wafat di Kota Madinah, Rabu (2/8).  Kasi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah Edi Supriyatna mengatakan jamaah yang wafat atas nama Indriyani Wahadi Wiyono.

“Almarhumah berasal dari kloter dua Embarkasi Solo (SOC 02). Almarhumah meninggal di RS Al Anshoor dalam usia 54 tahun,” kata Edi di Madinah.
 
Almarhumah meninggal pada pukul 07.30 waktu Arab Saudi karena penyakit jantung.
 
Sampai dengan hari keenam pemberangkatan, total ada dua jemaah haji Indonesia yang meninggal. Sebelumnya, Umi Nadiroh Yunus Husen wafat pada Senin lalu di RS Al Anshoor. Jamaah kloter 5 Embarkasi Surabaya (SUB 05) ini wafat karena mengalami serangan jantung. 
 
Edi menambahkan  sampai dengan pukul 10.00 waktu Arab Saudi, terdapat 11 jamaah haji Indonesia yang menjalani perawatan di KKHI Daker Madinah. “Terbanyak pertama karena penyakit jantung, kedua penyakit saluran nafas, ketiga penyakit kencing manis," ujarnya. 
 
Edi mengatakan KKHI Daker Madinah siap menangani pasien sakit bahkan sejak sebelum kedatangan jamaah di Madinah. Sejumlah persiapan sudah dilakukan sehingga KKHI kini dilengkapi  54 tempat tidur dan peralatan memadai. Dokter umum hingga spesialis juga siaga.
 
Hingga hari ini, 30.775 jamaah dan 385 petugas kloter telah tiba di Madinah dan menempati hotel di sekitar Masjid Nabawi. Pemberangkatan jamaah gelombang pertama dari Tanah Air ke Madinah ini akan terus berlangsung hingga 11 Agustus mendatang. Daker Madinah akan mulai memberangkatkan jamaah haji menuju Makkah pada 6 Agustus 2017.
Redaktur : Gita Amanda
Reporter : Ani Nursalikah