Pesan Tuan Guru Bajang untuk Jamaah Calon Haji NTB
Jumat , 11 August 2017, 22:53 WIB

Mahmud Muhyidin
Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi .

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) perdana jamaah calon haji embarkasi Lombok di Asrama Haji NTB, Jalan Lingkar Selatan, Mataram, NTB, Jumat (11/8) malam. Pria yang dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) menyampaikan ibadah haji merupakan suatu perjalanan istimewa yang Allah SWT perintahkan kepada umat-Nya.

"Panggilan Allah SWT (menunaikan ibadah haji merupakan panggilan khusus dan istimewa," ujar TGB.

Prosesi ibadah haji, lanjut TGB, tidak semata-mata pada kemampuan secara finansial, melainkan juga hidayah yang Allah SWT berikan. TGB berpesan para jamaah calon haji untuk meluruskan niat sejak dari awal hingga akhir prosesi ibadah haji. Jika ada permasalahan atau kendala, TGB mengajak para jamaah calon haji untuk kembali mengingat niat awal menjalani prosesi ibadah haji di Tanah Suci.

"Kokohkan niatnya, saat lemah ingat niat, InsyaAllah akan dikuatkan, karena ibadah haji ibadah itu ada jutaan orang maka seperti Rasulullah SAW ajarkan, di dalam berjamaah ada kelapangan hati, kesabaran, dan mengikuti arahan pimpinan kloter," kata TGB menambahkan.

Kakanwil Kementerian Agama NTB H Nasruddin, menyebutkan total jemaah haji NTB yang berangkat pada kloter pertama sebanyak 450 orang dari total seluruh jemaah haji asal NTB 4.510 orang. "Jumlah awal ada 4.514 jamaah. Namun ada yang batal empat orang karena dua meninggal dunia dan dua masih dirawat di rumah sajit sampai hari ini sehingga jumlah terakhir sebanyak 4.510 jamaah," jelasnya.

Ia menuturkan, provinsi NTB pada tahun ini calon haji secara nasional terdapat tertua 104 tahun atas nama Baiq Mariah. Dan juga yang termuda 18 tahun atas nama Zainul Islam. Untuk kloter haji terbagi dalam 11 kloter dan 10 kloter utuh dan satu lagi menjadi kloter campuran yang akan di berangkatkan pada 24 Agustus. "Sebelum berangkat ke tanah suci seluruh jemaah haji di tampung di asrama haji NTB," ucapnya.

Untuk jemaah haji NTB kloter pertama sebanyak 450 orang akan diberangkatkan dari asrama haji pukul 08.00 Wita menuju Lombok Internasional Airport (LIA) pada Sabtu (12/8). 

 

 

Redaktur : Ratna Puspita
Reporter : Muhammad Nursyamsyi
Sumber : Antara