Jamaah Haji Sumsel Mayoritas Berisiko Tinggi
Sabtu , 12 August 2017, 09:14 WIB

dok. Kemenag.go.id
Jamaah haji shalat jumat

IHRAM.CO.ID, PALEMBANG — Jamaah calon haji Sumatera Selatan yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi mayoritas memiliki risiko tinggi baik lanjut usia maupun rentan akan sakit. Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang Saefudin, Sabtu (12/8), mengatakan, dari jamaah calon haji yang tergabung kelompok terbang (Kloter) petama hingga delapan mayoritas resiko tinggi (risti).

“Jadi jumlah jamaah yang sudah berangkat tercatat 3.590 orang, dari jumlah itu 81,2 persen diantaranya risti, ujar dia.

Dia mengatakan, jamaah calon haji risti itu antara lain rentan akan sakit dan juga ada yang menggunakan kursi roda. Karena itu, petugas haji memaksimalkan pelayanan supaya jamaah yang menunaikan rukun Islam kelima tahun ini terutama resiko tinggi lebih khusuk dalam beribadah.

Dia mengatakan, Embarkasi Palembang memberangkatkan 17 kelompok terbang yang dibagi dua tahap. “Untuk tahap pertama terdiri atas klokter pertama hingga delapan dan penerbangannya sudah selesai,” katanya.

Menurut dia, sekarang ini sedang memberangkatkan gelombang kedua yang akan rampung akhir Agustus 2017. Selain jamaah Sumsel juga diberangkatkan melalui Embarkasi Palembang calon haji Bangka Belitung.

Calon haji itu sebelum berangkat harus masuk asrama terlebih dahulu untuk mengecek terakhir kelengkapan termasuk pemeriksaan kesehatan.

Redaktur : Ratna Puspita
Sumber : Antara