Nigeria Pindahkan 10 Ribu Jamaah dari Madinah ke Makkah
Sabtu , 12 Agustus 2017, 20:43 WIB

AFP
jamaah haji nigeria

IHRAM.CO.ID,MADINAH -- Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) mengatakan telah memindahkan sedikitnya 9.347 peziarah Nigeria dari Madinah ke Makkah, Sabtu (12/8). Sejauh ini sudah ada 26 ribu peziarah yang berada di Madinah. 

Dilansir Vanguard, Wakil Koordinator Operasi Operasi Madina NAHCON, Malam Ahmad Maigari mengatakan bahwa para peziarah dibawa ke Madinah terlebih dahulu untuk mengamati tradisi Arab. Mereka menghabiskan setidaknya delapan hari untuk melakukan sholat wajib di Masjid Suci Nabawi.

Selain itu, mereka juga diberi kesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat suci Islam. "Sejauh ini, mobilisasi jemaah haji dari Nigeria ke Madinah dan gerakan mereka ke Makkah dari Madinah berjalan lancar tanpa ada halangan," kata dia. 

Maigari mengatakan otoritas akan memindahkan lebih dari 10 ribu peziarah ke Mekkah pada akhir pekan ini. Mereka semua menetap di berbagai akomodasi sesuai layanan yang dipilih.Sejauh ini, lebih dari 26.950 peziarah telah berada ke Madina dan Jeddah dalam 26 kali penerbangan sejak penerbangan pertama haji Nigeria ke Saudi. Lebih banyak penerbangan masih akan tiba di Bandara Jeddah dan Madinah dalam beberapa hari kedepan. 

Kepala Tim Media untuk tahun 2017 Haji, Malam Adamu Abdullahi, mengatakan para pejabat NAHCON telah membangun koordinasi yang baik dengan para peziarah untuk memastikan kelancaran aktivitas. Meski demikian, Abdullahi meminta para peziarah untuk memberitahukan panitia jika ada kekhawatiran dan tantangan yang mereka hadapi

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : Lida Puspaningtyas