Imbauan Mandi Ihram di Embarkasi Efektif Kurangi Kepadatan
Ahad , 13 August 2017, 01:58 WIB

Nashih Nashrullah/ Republika
Petugas mengumpulkan paspor jamaah haji Indonesia gelombang II di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah

IHRAM.CO.ID, JEDDAH— Imbauan mandi dan berpakaian ihram sejak di embarkasi masing-masing untuk jamaah haji Indonesia yang dikeluarkan Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama dinilai efektif mengurangi kepadatan jamaah selama berada di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. 

Kepala PPIH Daerah Kerja Airport, Arsyad Hidayat menjelaskan berdasarkan evaluasi singkat kedatangan jamaah haji asal Embarkasi Surabaya (SUB 44 dan SUB 45) berhasil mempersingkat waktu di bandara karena sebagian besar jamaah telah mandi dan memakai baju ihram. 

Dari sejak landing hingga ke plaza memakan waktu 2 jam 15 menit sedangkan dari plaza menuju bus satu jam 30 menit. Total keseluruhan tiga jam 45 menit. Jika dibandingkan pola tahun-tahun sebelumnya, bisa memakan waktu hingga enam jam. 

“Ini lebih cepat dan efektif. Mudah-mudahan bisa lebih cepat dan efisien lagi,” kata dia usai menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia gelombang II di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Sabtu (12/8) pagi waktu Arab Saudi.  

Direktur Pelayanan Luar Negeri Ditjen Penyelenggaran Haji dan Umrah PHU Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis, mengatakan hasil evaluasi sementara dari kedatangan kloter pertama ini adalah efektivitas anjuran berihram sejak di embarkasi masing-masing yang diterapkan pertama kali untuk kloter ini. Mayoritas jamaah haji SUB 44 telah berihram sejak di tanah air tentu hal ini sangat membantu kelancaran dan menghindari kepadatan di bandara. "Sangat efektif semua proses cepat dari imigrasi dan proses berihram," kata dia. 

Merujuk pada evaluasi ini, kata dia, pihaknya akan menjadikan kesuksesan kloter pertama gelombang II ini agar tetap disosialisasikan di tanah air. Dia berharap pemberangkatan kloter jamaah haji Indonesia selanjutnya di Jeddah tetap memalai pola berpakain ihram sejak di tanah air."Mudah-mudahan selanjutnya bisa karena tidak makan waktu," kata dia.

Sebanyak 16 kloter  dijadwalkan mendarat hingga Sabtu ini (12/8) pukul 23.45 waktu Arab Saudi  di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Ketujuh kloter yang mengawali kedatangan hari ini adalah Kloter 44 sampai 46 Embarkasi Surabaya (SUB 44, SUB 45, dan SUB 46), Kloter 38 sampai 51 Embarkasi Solo (SOC 48, SOC 49, SOC 50, dan SOC 51), Kloter 48 sampai 51 Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS 48, JKS 49, JKS 50, dan JKS 51), Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM 09), Kloter 15 Embarkasi Medan (MES 15), Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 01), dan Kloter 14 Embarkasi Padang (PDG 14).

 

Redaktur : Nasih Nasrullah