Saudi Siapkan Sembilan Ribu Petugas Keamanan Kereta Haji
Ahad , 13 Agustus 2017, 13:51 WIB

Arab News
Kereta api yang akan dioperasikan untuk melayani jamaah haji dari Makkah ke Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Kepala Keamanan Metro Al Mashaaer al Mugaddassah mengatakan, telah menyiapkan sembilan ribu petugas khusus. Para petuga itu disiapakan untuk menjaga keamanan kereta metro haji.

Dilansir dari arabnews, Ahad (13/8), Komandan Pasukan Keamanan Fasilitas Mayjen Saad Al Jabari mengatakan, pasukannya siap untuk menjaga keamanan kereta api haji tahun ini. Kereta Api Metro Al Mashaaer Al Mugaddassah merupakan layanan transportasi yang hanya beroperasi satu pekan dalam satu tahun selama musim haji.

Tak hanya pasukan, al Jabari juga telah menyiapkan kendaraan militer baru untuk mengantisipasi adanya ancaman terorisme. Pelatihan dan persiapan pasukan dan kendaraan telah siap untuk membantu kelancaran jalur kereta api.

Tak hanya kereta metro, pasukannya juga bertugas untuk menjaga fasilitas umum lain seprti minyak, listrik dan fasilitas vital lainnya. Pasukan keamanan mereka juga mendapat tugas tambahan pos baru seperti di kantor urusan sipil, pusat kesehatan, stasin kereta api Saudi Railway, rumah sakit keamanan di Makkah, Riyadh dan provinsi Timur.

Pusat komando baru juga akan dibuka di berbagai daerah. Saat ini sebanyak 45 staf keamanan dan 200 tentara sedang melaksanakan pelatihan di luar negeri. Sekembalinya mereka ke Saudi, mereka akan bertugas untuk melatih petugas dan tentara Saudi. Mereka juga menambah kendaraan lapis baja dan senjata taktis baru untuk memperketat penjagaan fasilitas vital kerajaan.



Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti