Jamaah Demensia yang Hebohkan Kantor Daker Madinah Membaik
Senin , 14 August 2017, 20:45 WIB

Ani Nursalikah/Republika
Petugas kesehatan membawa jamaah sakit ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Madinah, Arab Saudi, Ahad (6/8).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Seorang jamaah haji pria berusia sekitar 70 tahun dari Payakumbuh, Sumatra Barat yang sempat menghebohkan kantor Daerah Kerja Madinah kini kondisinya sudah membaik dan stabil.

Kepala Subseksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Ika Nurfarida Sholeh mengatakan jamaah demensia tersebut meminta dipulangkan, namun belum diizinkan. "Alhamdulillah membaik, sudah sadar dan minta pulang. Tapi belum diizinkan supaya istirahatnya cukup," katanya saat ditemui, Ahad (13/8).

Sang istri turut menemani saat pengobatan di KKHI. Saat ditanya mengapa mengamuk, jamaah tersebut mengaku stres lantaran lingkungan dan situasi yang baru. Ditambah, dia mengatakan tidak bisa menemukan istrinya yang terpisah hotel.

Demensia adalah kemunduran fungsi dan struktur otak karena usia. Ketika ada perubahan situasi lingkungan, jamaah demensia mengalami kebingungan. Jamaah bisa mengalami disorientasi jika menghadapi situasi yang berbeda dengan biasanya, seperti perbedaan waktu dan situasi sekeliling.

Sebelumnya, pada Sabtu (12/8), jamaah tersebut sempat menghebohkan kantor Daker Madinah karena mengamuk dan berlarian di dalam kantor. Sejak pukul 03.00 jamaah demensia itu memang telah membuat gaduh di hotel.

Dokter dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) akhirnya dipanggil ke Daker. Sekitar pukul 06.45 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 10.45 WIB, dia disuntik penenang. Pada pukul 07.00 dia pun dibawa ke KKHI.

Redaktur : Gita Amanda
Reporter : Ani Nursalikah