Ada Taman Kanak-Kanak untuk Anak Jamaah Selama Berhaji
Rabu , 23 August 2017, 20:11 WIB

Republika/Nasih Nasrullah
Anak-anak kecil bersama keluarga mereka bermain di pelataran Masjid al-Haram, Jumat (28/7) malam. Masjid al-Haram dipadati warga Arab Saudi untuk berumrah dan berziarah jelang pelaksanaan haji. Pemerintah Saudi melarang warga Saudi berumrah jelang puncak haji.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Pendidikan Arab Saudi telah meluncurkan taman kanak-kanak (TK) sementara untuk para jamaah yang membawa anak mereka ke Tanah Suci. Dilansir Arab New, Rabu (23/8), taman kanak-kanak ini ada di Makkah dan Madinah.

Tempat khusus ini akan berfungsi sebagai institusi pendidikan yang aman dalam merawat anak-anak berusia antara satu hingga enam tahun. TK akan melindungi mereka dari kepadatan jamaah, kemungkinan tersesat dan infeksi.

Pembukaan TK akan tunduk pada persyaratan perizinan yang disetujui oleh kementerian. Anak-anak akan berada di bawah pengawasan para ahli dalam bisang pendidikan dan keamanan khusus anak.

Mereka akan bertanggung jawab atas pengawasan teknis dan administratif dalam menjamin keselamatan anak-anak. Kementrian menjelaskan bahwa kurikulum yang diterapkan adalah untuk anak prasekolah.

Selain pendidikan prasekolah, kementerian juga menyediakan klinik medis anak yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan. Perawatan medis akan diberikan kepada anak-anak melalui spesialis kesehatan selama anak tinggal di fasilitas pendidikan.

Dalam programnya, kementerian juga menyediakan layanan transportasi untuk ibu-ibu dengan anak-anak mereka. Selain itu untuk karyawan perempuan yang bekerja untuk TK dan klinik anak tersebut.


Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Lida Puspaningtyas