Komisi VIII Dukung Kemenag Tambah Kuota Petugas
Senin , 28 August 2017, 16:57 WIB

dok. Kemenag.go.id
Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap kuota haji untuk petugas pada tahun depan bisa bertambah, minimal 4.000 orang. Harapan ini disampaikan Menag saat menggelar rapat dengan Tim Pengawas DPR RI Tahap II di Kantor Daker Makkah.

Menurut Lukman, kuota Indonesia untuk jamaah haji regular tahun ini mencapai 204 ribu. Jumlah ini naik 48.800 jika dibandingkan dengan kuota jemaah haji reguler dalam empat tahun terakhir yang mengalami pemotongan 20 persen (155.200 jamaah).

Lukman menilai, rasio penambahan jamaah ini tidak sebanding dengan penambahan petugas. Kalau saat dipotong, total petugas berjumlah 3.250 orang, kini setelah kembali normal dan bahkan bertambah sepuluh ribu jamaah, kuota petugasnya hanya menjadi 3.500 orang.

“Tahun depan, kita berharap minimal ada 4.000 petugas,” ujarnya.

Harapan Lukman ini direspons positif oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher. Menurutnya, rasio penambahan petugas tahun ini tidak sebanding dengan penambahan jumlah jemaah.

“Kita support. Tahun depan kita berharap penambahan lebih bermakna sesuai tugas dan tanggung jawab yang dihadapi,” ujarnya.

Menurut Ali Taher, penambahan petugas perlu agar mereka tidak kelelahan karena beban tugas yang terlalu berat. Sebab, jamaah perlu dilayani dengan baik.

“Setelah ini kita akan langsung mengadakan rapat kerja untuk mempersiapkan agenda tahun 2018. Itu kita akan percepat, termasuk membicarakan mengenai penambahan petugas,” tandasnya.

Ditanya soal solusi penanganan jemaah haji Indonesia yang mayoritas lansia, Ali Taher kembali menegaskan komitmennya untuk menambah petugas, terutama petugas medis. Selain itu, dia juga akan menambah anggaran, serta obat dan sarpras kesehatan.

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id