Lusa, Jamaah Haji Jabar Pertama Tiba di Tanah Air
Selasa , 05 September 2017, 20:03 WIB

Antara/Akbar Nugroho Gumay
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Berakhirnya fase puncak haji, dilanjutkan dengan dimulainya pemulangan jamaah haji ke negaranya masing-masing, termasuk Indonesia. Jamaah kloter awal akan kembali ke Tanah Air sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat A Buchori menyebutkan, jamaah haji asal Jawa Barat pertama akan tiba di Tanah Air pada lusa atau Kamis (7/9) mendatang. Mereka akan tiba dari Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta.

"Jamaah haji pertama Jawa Barat yang akan tiba di tanah air tanggal 7 september nanti kira-kira sekitar pukul 18.20 wib sampai di bandara," kata Buchori saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (5/9).

Dia menyebutkan, setelah sampai bandara para jamaah haji akan menuju Asrama Haji di Bekasi. Kemudian jamaah haji bisa dijemput keluarganya untuk kembali ke daerah masing-masing. "Tidak diminta menginap dulu. Kemungkinan akan langsung pulang dijemput keluarganya masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, tidak ada acara penyambutan atau penerimaan yang dipersiapkan secara khusus bagi jamaah haji yang baru tiba. Hanya sebatas simbolis penerimaan serta doa sebagai rasa syukur karena telah kembali dengan selamat di tanah air setelah beribadah haji.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan belum mengetahui kapan dijadwalkan menyambut jamaah haji asal Jawa Barat yang tiba di Tanah Air. Namun, Heryawan mengaku, ingin menyambut secara langsung kedatangan jamaah haji setelah beribadah lebih dari satu bulan di tanah suci. "Belum tahu. Bolehlah ayo kita jemput," kata pria yang akrab disapa Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Jamaah haji asal Jawa Barat yang berangkat pada tahun ini keseluruhannya mencapai 39.329 orang. Terdiri dari 38.593 orang jamaah dan sisanya petugas haji.










Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Zuli Istiqamah