Akan Pulang Haji, Ilyas: Senang Juga, Sedih Juga
Rabu , 06 September 2017, 05:55 WIB

Republika/ Amin Madani
Proses pemulangan jamaah haji ke tanah air sudah dimulai dengan proses penimbangan barang milik jamaah haji yang dilakukan di hotel tempat jamaah haji menginap di Makkah.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Meninggalkan keluarga kurang lebih empat puluh hari tentu menumbuhkan kerinduan mendalam. Karenanya, moment kembali ke keluarga akan disambut dengan perasaan senang gembira.

Hal sama dirasakan Ilyas Muhammad Yahya. Tergabung dalam kloter dua Embarkasi Makassar (UPG 02), Ilyas bersama anggota kloter lainnya akan terbang ke Tanah Air pada Jumat (7/9) mendatang.

“Insya Allah sudah mau pulang. Alhamdulillh. Senang karena akan segera bertemu keluarga,” tuturnya saat ditemui di Hotel 403 Sektor IV wilayah Aziziyah Janubiyah, Makkah, Selasa (5/9).

UPG 02 dijadwalkan akan diberangkatkan dari hotel di Makkah menuju Jeddah pada Kamis malam. Mereka rencananya akan terbang ke Makassar dengan Garuda Indonesia pada hari Jumat pukul 05.30 waktu Arab Saudi.

Selain senang, Ilyas juga mengaku sedih karena merasa baru sebentar tiba di Tanah Suci tapi sudah harus kembali. “Terasa baru kemarin tiba di sini, sudah mau pisah lagi dengan Tanah Haram,” tuturnya dengan mata berkaca.

Hal sama dirasakan oleh Jamiah, jamaah asal Sumatera Utara yang pulang bersama kloter dua Embarkasi Medan (MES 02). Dia mengaku, senang akan pulang karena sudah selesai berhaji dan bertemu keluarga di Tanah Air. Namun, rasa sedih juga menyelimuti karena merasa masih kurang lama berada di Tanah Suci.

Baik Ilyas maupun Jamiah, mereka kini sudah mengepak barang-barangnya untuk dimasukan ke koper dan ditimbang. Keduanya mengaku mengisi koper bagasinya dengan beragam oleh-oleh yang akan mereka bagikan buat keluarga, tetangga, dan teman di kampungnya. Oleh-oleh itu, mulai dari baju, jam tangan, gelang, kalung, baju, dan lainnya.

Selamat kembali ke Tanah Air. Semoga Mabrur dan mampu menghadirkan semangat Haramain di Bumi Nusantara! Amiin

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id