Apa Oleh-Oleh Favorit Jamaah Haji?
Kamis , 07 September 2017, 18:44 WIB

Republika/Dewi Mardiani
Pasar Kurma Madinah ini jadi incaran jamaah haji untuk berbelanja kurma berkualitas untuk oleh-oleh.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Menjadi tradisi jamaah haji sepulangnya dari Tanah Suci membawa oleh-oleh. Uniknya, setiap jamaah dari berbagai negara ini punya favorit yang berbeda.

“Setelah melakukan ibadah haji para jamaah haji pergi ke Jeddah. Mereka membeli hadiah untuk orang-orang terkasih di rumah. Orang-orang Mesir lebih memilih  selimut dengan kisaran harga 50 - 250 saudi real sesuai dengan kualitasnya. Sedangkan peziarah  Asia lebih memilih sajadah dan permadani yang berkisar antara 10 – 45 saudi real,” kata Majed Al-Batati, pedagang oleh-oleh di Jeddah seperti dilansir Saudi Gazzete, Kamis (7/9).

Majed optimistis, penjualannya akan naik. Ini karena, jumlah jamaah haji kembali normal.

Abdulqayoum Abdullah pemilik toko elektronik di Qabil Street, mengatakan kebanyakan peziarah membeli jam Al-Fajr . Selain itu termos teh merupakan produk terlaris bagi jamaah yang pulang ke asalnya dengan bus.

"Jemaah Arab dan Asia lebih membeli produk murah dan biasanya pergi ke Qabil Street dan Al-Khaskiya. Sementara peziarah Afrika pergi ke Bab Shareef dimana mereka dapat membeli berbagai jenis kain dengan harga yang cukup terjangkau," katanya.

Nader Saeed pemilik toko dupa di Pasar Badui, mengatakan para peziarah datang ke sini untuk membeli sulaman dan wewangian.
 

Redaktur : Agung Sasongko
Reporter : mgrol97