Pekerja Sibuk Bersihkan Masjid Nabawi 
Jumat , 08 September 2017, 15:45 WIB

Ani Nursalikah.Republika
Petugas membersihkan pilar Masjid Nabawi di Madinah, Jumat (8/9)

IHRAM.CO.ID,  MADINAH -- Sejumlah pekerja tampak sibuk membersihkan Masjid Nabawi, Madinah, Jumat (8/9) selepas Subuh. Mereka membersihkan lantai, kuningan pada pilar-pilar masjid serta payung yang menaungi pelataran masjid.

Kebersihan masjid sangat diperhatikan. Salah satu petugas kebersihan Masjid Nabawi, Suhih, mengatakan setiap sudut kuningan di pilar bahkan sampai celahnya dibersihkan dengan cairan kimia. Hasilnya, sampai sekarang kuningan di pilar-pilar tersebut terawat.

“Supaya bisa menjangkau bagian tertinggi, setiap petugas menggunakan mesin hidrolik yang berfungsi menaik-turunkan petugas kebersihan sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya, Jumat pagi.

Mukimin asal Purwakarta, Jawa Barat tersebut menambahkan seluruh bagian masjid, seperti lantai, karpet dan tempat air zamzam dibersihkan setiap hari. Masjod Nabawi hingga kini telah mengalami sembilan kali perluasan. Saat ini luasnya mencapai 235 ribu meter persegi.

"Butuh 3.000 tenaga kebersihan setiap hari untuk merawat Masjid Nabawi," kata Suhih yang sudah tiga tahun bekerja sebagai petugas kebersihan di Nabawi.

Pembersihan masjid dilakukan dalam tiga shift, yakni usai shalat Subuh, Isya dan dini hari. Tiap shift melibatkan 1.000 petugas kebersihan. Menurutnya, menjadi pekerja kebersihan di Masjid Nabawi membawa berkah tersendiri karena ia bisa berhaji dan melaksanakan umrah setiap tahun.

Redaktur : Andi Nur Aminah
Reporter : Ani Nursalikah