Keramaian Madinah Terpusat di Nabawi
Ahad , 10 September 2017, 16:05 WIB

Republika/Karta Rahardja
Masjid Nabawi

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Keramaian nampak di sekitar Masjid Nabawi jelang masuknya waktu shalat zhuhur. Suasana Masjid boleh dibilang dalam kondisi normal, tidak padat.

Jamaah bisa dengan leluasa mengambil shaf shalat di dalam Masjid. Ada pula jamaah yang memilih shalat di halaman Masjid, namun jumlahnya tak banyak. Sebagian jamaah lainnya tampak duduk-duduk bersantai.

Saat ini suhu di Madinah, Ahad (10/9), sekitar pukul 11.00 adalah 40 derajat Celsius. Suhu tertinggi diperkirakan 43 derajat Celsius pada pukul 14.00-16.00 WAS. Kelembaban udara sangat kering. Kondisi jalanan juga lengang. Tidak banyak kendaraan yang lalu-lalang.

Pagi tadi usai subuh, Masjid Nabawi juga ramai. Di bagian shaf perempuan, pada pukul 04.30 masih ada shaf kosong di ruang utama shalat di dalam Masjid. Hal ini berbeda jauh saat sebelum prosesi haji dimana pada pukul 03.00 dini hari jamaah sudah memenuhi pelataran Masjid. Usai shalat subuh, digelar kajian agama atau kelas membaca Alquran dalam berbagai bahasa.

Tidak banyak jamaah Indonesia yang berada di Madinah saat ini. Mereka adalah jamaah haji khusus yang berziarah di Kota Nabi. Jamaah haji reguler gelombang dua akan tiba di Madinah pada 12 September mendatang untuk melaksanakan arbain (shalat fardhu 40 waktu berturut-turut).  Jamaah lainnya didominasi jamaah dari Sudan, Bangladesh, India, Malaysia, dan Turki.




Redaktur : Winda Destiana Putri
Reporter : Ani Nursalikah
Sumber : Center