Sudah Tahu, Belum? Inilah Nama Lain Kota Madinah
Kamis , 14 September 2017, 02:50 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Suasana kepadatan jamaah usai menunaikan shalat shubuh berjamaah di Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (14/8). Kepadatan jamaah mulai berkurang karena sebagian jamaah sudah bergerak menuju Makkah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Madinah mempunyai banyak nama yang menunjukkan kedudukannya yang tinggi. Para sejarawan menelusuri nama-nama tersebut. Sebagian menemukan hingga 100 nama.

Namun, nama-nama yang disebutkan dalam berbagai atsar yang shahih hanya enam nama. Dikutip dari Madinah Al-Munawwarah: Sejarah dan Tempat-Tempat Istimewa, berikut nama-nama tersebut:

1. Yasrib

Adalah nama Kota Madinah ketika zaman jahiliyah. Rasulullah telah menggantinya dan mengimbau kaum Muslimin tidak menggunakan nama tersebut setelah Islam.

2. Al Madinah

Merupakan nama yang dikenal setelah hijrah Nabi. Nama ini terdapat dalam beberapa ayat Alquran dan hadits Nabi. Allah SWT berfirman "Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitar, mereka tidak turut menyertai Rasulullah (berperang)". (QS At Taubah: 120).

3. Thabah

Terdapat dalam sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bahwa Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Allah Ta'ala menamakan Madinah dengan kata 'Thabah'".

4. Thaibah

Nama yang terdapat dalam sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Abdur Razzaq, yaitu "Ia adalah Thaibah, ia adalah Thaibah, ia adalah Thaibah".

5. Ad Daar

6. Al Iman

Kedua nama Ad Daar dan Al Iman terdapat dalam Alquran, yaitu "Dan orang-orang yang telah menempati kota Ad Daar dan Al Iman (Kota Madinah)". (QS Al Hasyr:8).

Adapun nama lainnya, para sejarawan memperolehnya dari sebagian hadits dan atsar.

Sebagian lagi memperolehnya dari sifat-sifat kota Madinah dan peristiwa besar yang terjadi di dalamnya, di antaranya Al Mahbubah, Al Qaasimah, Darul Abrar, Darul Hijrah, Darus Salam, Darul Mukhtarah, As Saalihah, Al Fath, Darul Musthafa, Dzatul Harar, Al Marhumah, Al Khairah, Asy Syafi'ah, Al Mubarakah, Al Mu'minah, Al Marzuqah, dan Al Munawwarah (bercahaya).

 

Redaktur : Reiny Dwinanda
Reporter : Ani Nursalikah