Hari Ini Jamaah Haji Indonesia Gelombang I Terakhir Pulang
Rabu , 20 September 2017, 11:59 WIB

Nashih Republika
Kadaker Makkah, Nasrullah Jasam

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Sebanyak 5.214 jamaah haji gelombang I terakhir yang berada di Makkah dipulangkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, hari ini, Rabu (20/9) secara bertahap. Kepada PPIH Daker Makkah, Nasrullah Jasam, mengatakan mereka tergabung dalam 13 kelompok terbang (kloter). 

Dia menjelaskan, pemulangan terakhir gelombang I tersebut diawali dengan pemberangkatan jamaah asal Embarkasi Palembang (PLM 8) yang dimulai pada pukul 09.25 dari KAAI Jeddah menunju Indonesia. Dan secara bertahap 13 kloter tersebut diterbangkan dari KAAI hingga Kamis (21/9) pukul 06.30.     

Nasrullah mengatakan secara umum, evaluasi pemulangan jamaah dari Makkah ke Indonesia hingga sepekan terakhir tidak ada k endala yang berarti. Memang ada beberapa persoalan tetapi bisa diselesaikan dengan sigap. Di antaranya seperti kehilangan boarding past, atau berkaitan dengan dokumen tanazul. “Alhamdulillah tidak krusial dan segera kita tangani,” kata dia di Daker Makkah, Rabu (20/9) seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, dari Makkah, Arab Saudi. 

Terkait dengan pengajuan tanazul untuk jamaah haji yang sakit, Nasrullah menuturkan, sudah keseluruhan jamaah haji sakit yang ditanazulkan dari gelombang I secara keseluruhan sudah dipulangkan ke Tanah Air. Dia menuturkan dengan kepulangan jamaah gelombang terakhir yang berada di Makkah, pihaknya tetap fokus pada pemberangkatan sisa jamaah haji gelombang II menuju ke Madinah. Pemberangkatan ke Madinah akan berakhir hingga 26 Agustus. 

Redaktur : Nasih Nasrullah