Jamaah Haji Gelombang Dua Pulang Perdana Kamis
Kamis , 21 September 2017, 02:03 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Jamaah haji embarkasi SUB (Surabaya) 45 tiba di Paviliun Haji Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah, Kamis malam (20/9). Kloter SUB 45 termasuk dalam 14 kloter pertama yang dipulangkan ke Indonesia dari Madinah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Jamaah haji Indonesia gelombang dua mulai diberangkatkan ke Tanah Air dini hari nanti, Jumat (21/9). Jamaah diberangkatkan dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz di Madinah.

Seperti dilaporkan Wartawan Republika.co.id, Hj Ani Nursalikah dari Madinah, kloter pertama yang diberangkatkan adalah embarkasi SUB (Surabaya) 44. Jamaah kloter tersebut tiba di Paviliun Haji pada pukul 19.15 WAS.

Saat tiba jamaah menerima makan malam dan air mineral kemasan. Mereka kemudian beristirahat di paviliun selama 10 menit. Kemudian, jamaah langsung diarahkan menuju Terminal Haji untuk melakukan pemeriksaan imigrasi.

Seorang jamaah asal Malang, Jawa Timur, Imam kurtubi (70 tahun) mengaku, bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar. Selama melakukan ibadah pun ia dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah senang sebentar lagi kembali ke Tanah Air," kata petani yang berhaji bersama istrinya Janah Tamun saat ditemui di Paviliun Haji, Rabu malam (20/9).

Jamaah dari kloter SUB 45 Teguh Supardi (43) mengatakan perasaannya campur aduk jelang kepulangannya ke Indonesia. Teguh yang berhaji bersama istrinya tersebut merasa sedih karena harus meninggalkan Tanah Suci, tetapi juga senang karena tak lama lagi akan bersua dengan sanak saudara dan keluarga.

"Saya berdoa supaya bisa kembali lagi ke Tanah Suci bersama anak-anak," ujar jamaah asal Klaten, Jawa Tengah yang tinggal di Bangli, Bali ini.

Sebanyak 14 kloter diberangkatkan ke Indonesia pada Jumat. Berdasarkan jadwal, pemberangkatan dimulai pada pukul 00.05 hingga 21.25 Waktu Arab Saudi.

Kloter perdana yang berangkat adalah SUB 44, SUB 45, SUB 46, BTH 14, PLM 09, JKS 48, SOC 48, JKS 49, SOC 49, JKS 50, SOC 50, JKS 51, LOP 01, dan MES 15.

Redaktur : Agus Yulianto