Jadi Sukarelawan, Jamaah Haji India Raih Penghargaan
Selasa , 26 September 2017, 16:08 WIB

Republika/Nasih Nasrullah
Jamaah haji asal Pakistan dan India mengambil air zamzam di depan pelataran Masjid al-Haram, Makkah, Ahad (30/7). Manajemen Dua Masjid Suci Nabawi dan Masjid al-Haram, menyediakan air zamzam di berbagai titik.

IHRAM.CO.ID,  JEDDAH -- Abdul Mateen Mohammed Yusuf Nawrangge, jamaah haji asal Maharashtra, India, mendapatkan penghargaan karena selama berhaji bersedia menjadi sukarelawan untuk membantu jamaah haji lainnya.

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (26/9) Nawrangge mendapatkan apresiasi dari mutawif karena mmebantu jamaah tak hanya dari India, namun juga dari negara lain. Penghargaan diberikan oleh Tawafa Asia Selatan karena Nawrangge melayani secara sukarela di Tanah Suci selama ibadah haji.

Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Muallim Maktab 32 Wahib Ismail Badr. Badr mengatakan, Nawrangge secara sukarela menangani masalah yang terjadi saat mereka tinggal di Aziziyah.

"Dia selalu bersama kami dan memberikan bantuan kepada sesama jamaah saat di maktab. Di Mina, dia juga membantu jamaah, membantu jamaah yang hilang, dan memberikan kenyamanan bagi jamaah yang bersamanya selama empat hari," jelas Badr.

Tak hanya Nawrangge, tetapi banyak orang India yang secara sukarela membantu jamaah yang tersesat di Tanah Suci. "Saya bangga sebagai orang India karena dengan sepenuh hati melayani tak hanya orang India tetapi juga jamaah haji dari negara lain," ujar Nawrangge.

Nawrangge berharap petugas haji dapat memberikan bimbingan lebih tepat dan ideal sehingga jamaah terhindar dari masalah yang rumit. Dia juga meminta pemerintah dan komite haji India memenuhi konsumsi jamaah sesuai selera rasa mereka dan melakukan distribusi secara sistematis.

Meskipun demikian, Nawrangge pun menyarankan kepada jamaah haji untuk sabar dan menahan diri ketika mendapatkan masalah. Karena berhaji bukan untuk mengeluh.

Redaktur : Endro Yuwanto
Reporter : Ratna Ajeng Tejomukti
BERITA TERKAIT