Misi Haji Indonesia Dipuji karena Keberhasilannya
Jumat , 06 Oktober 2017, 08:45 WIB

Republika/Prayogi
Petugas membatu Jamaah Haji Indonesia Kloter Pertama Debarkasi Jakarta Pondok Gede.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Komite Haji Indonesia baru-baru ini menyelenggarakan sebuah upacara apresiasi untuk penyedia layanan haji, termasuk pemangku kepentingan Saudi dan rekan-rekan mereka dari Indonesia. Para pemangku kepentingan, yang memberikan layanan terbaik bagi para peziarah, diapresiasi oleh Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin dan pejabat lainnya yang diadakan di kantor Misi Haji di Jeddah.

Dilansir Saudi Gazette, Kamis (5/10), para pejabat yang menghadiri upacara tersebut yakni Khoirizi Dulabas (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Agama RI), Dr. Ahmad Dumyathi Bashori (Konsul Haji dan Ketua Komite Haji Indonesia), Mohammed Amin Hassan Indragiri (ketua Badan Tawafa Nasional untuk peziarah Asia Tenggara), Fawwaz Abdullah Al-Hassani (perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Saudi), dan Ahmad Abdullah Ahmad Bashanam Kuer (pemilik perusahaan katering Ragaib).

Dalam acara tersebut menyatakan respon positif untuk Kantor Urusan Haji Konsulat Indonesia dan penyedia layanan haji Saudi atas kontribusi mereka dalam membuat operasi haji sukses besar. Sebanyak 221 ribu orang Indonesia telah melakukan ibadah haji di tahun ini, dan merupakan jumlah tertinggi dalam sejarah bagi jamaah asing yang melakukan ibadah haji di Tanah Suci.

Pada kesempatan tersebut,  Ketua Badan Tawafa Nasional untuk jamaah Asia Tenggara Mohammed Amin Hassan Indragiri, memuji peran pejabat dan staf  panitia haji Indonesia yang telah berdedikasi tanpa pamrih dalam memberikan layanan terbaik bagi para peziarah.

"Saya secara khusus menghargai usaha mereka mengingat tahun ini jamaah haji Indonesia merupakan jumlah terbanyak. Tantangan yang dihadapi tahun ini yaitu mengatur  jamaah dalam jumlah besar, suhu tinggi selama musim haji, dan juga beberapa masalah keamanan. Kami bekerja sama, satu hati, satu pikiran di dalam tim, " katanya.

Perwakilan Kementerian Haji dan Umrah Saudi Al-Hassani juga memuji bahwa haji tahun ini termasuk yang terbaik dalam hal organisasi dan manajemennya. "Mereka patut dicontoh dalam pelayanan, terutama di sektor transportasi dan pasokan pangan serta dalam pengelolaan urusan haji yang cermat," ucapnya.

Konsul Jenderal RI Jeddah Saripudin mengucapkan terima kasih kepada Komite Haji Indonesia dan pihak berwenang Saudi atas layanan terbaik mereka dalam penyelenggaraan haji.

"Saya sangat menghargai kerja sama antara Komite haji Indoensia dan penyedia layanan haji Saudi di semua bidang, terutama akomodasi, pasokan makanan, dan transportasi. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kami mampu memberikan layanan dan fasilitas yang jauh lebih baik meski tahun ini ada peningkatan lebih dari 52.000 jumlah jamaah haji," katanya.

Menurutnya upaya yang tak kenal lelah dan dedikasi tinggi dari timnya memungkinkan hasil kinerja yang memuaskan. Meskipun diakuinya jumlah pejabat dan staf yang melayani jamaah jumlahnya sama dengan tahun lalu.

Dr. Ahmad Dumyathi Bashori, Konsul Haji dan Ketua Komite Haji Indonesia mengungkapkan, kebahagiaannya atas suksesnya penyelengaraan haji. Meskipun ada beberapa kendala yang diakuinya seperti layanan dan fasilitas yang diberikan kepada mereka tidak tepat sasaran. Pemerintah akan memeriksa masalah ini dan menghasilkan langkah yang tepat.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Mgrol97
BERITA TERKAIT