Himpuh International Travel Mart Berlangsung Sukses
Kamis , 12 October 2017, 07:43 WIB

Muhammad Subarkah
Suasana Himpuhan International Travel Mart (Hitmart) di Surabaya (12/10).

IHRAM.CO.ID, SURABAYA – Penyelenggaraan Himpuh Internasional Travel Mart (Hitmart) berlangsung sukses. Banyak transaksi bisnis yang terjadi antara peserta pameran yang terdiri dari berbagai macam perusahaan seperti hotel, angkutan,  perbankan, asuransi serta perusahaan pengelola tour Muslim dengan para peserta Musyawarah Kerja Himpuh.

‘’Kami bersyukur Hitmart telah berlangsung sukses. Haslnya banyak kesepakatan bisnis terjadi,misalanya ada perusahaan angkutan di Saudi yang sudah mendapatkan 50 konrak baru dengan perusahaan travel umrah dan haji milik para anggota Himpuh,’’ kata Ketua Umum Himpuh Baluki Ahmad, pada acara Resepsi Penutupan Musyawarah Kerja Himpuh, di Surabaya (12/10).

Atas keberhasilan tersebut, lanjut Baluki banyak perusahaan yang kemudian menyatakan sepakat akan mengikuti acara serupa bila nanti Hitmart diselenggarakan kembali di tahun-tahun mendatang. Bahkan sudah ada perusahaan dari Arab Saudi yang bersedia menjadi peserta dan sponsor acara ini hingga lima tahun ke depan.

Dalam perbincangan di sela pameran Hitmart, CEO Japan Halal Tour Center (JHTC) Masafumi Kamei menyatakan pameran ini sangat membantu promosi wisata kepada para pelaku usaha travel umrah dan haji di Indonesia. Apalagi selama ini paket wisata Muslim ke Jepang belum banyak diperkenalkan ke publik di Indonesia.

“Kini paket wisata Muslim ke Jepang sudah diikuti oleh 25.000 orang. Sebagian besar adalah orang Indonesia. Saya optimistis di tahun-tahun mendatang jumlahnya akan terus naik seiring semakin lengkapnya sarana yang menunjang wisata Muslim, misalnya tersedianya mushola, penginapan, dan makanan halal. Pada tahun 2020, bersamaan dengan Olimpiade Tokyo, paket kunjungan wisata Muslim ke Jepang ditargetkan dapat mencapai 1 juta pengunjung,’’ kata Masafumi.

Senada dengan Masyumi, pengelola travel wisata ke Turki ‘Greyfurt’, Suleman Erdin mengaatakan potensi kunjungan pelancaong asal Indonesia ke Turki sangatlah besar. Dalam sebulan setidaknya ada 16 ribu orang Indonesia berwisata ke Turki.

‘’Apalagi sarana penerbangannya pun menunjang. Kini setiap hari sudah ada penerbangan langsung ke Turki dengan pesawat berbadan lebar dari Jakarta. Paket wisata Turki selain berdiri sendiri, lazimnya digabung dengan paket umrah, paket Turki plus Eropa, atau paket Turki plus Balkan,’’ katanya.

Dalam ajang Hitmart suasana semakin semarak dengan munculnya berbagai tawaran bisnis yang menarik. Perusahaan travel misalnya ada yang menawarkan pengurusan visa secara gratis. Perusahaan telekomunikasi menawarkan paket hadiah pulsa internet grtais. Sedangkan perusahaan hotel jaringan  Hoel di Arab Saudi memberikan tawaran penggunaan kamar hotelnya secara gratis kepada para travel umrah haji di Indonesia ketika mereka mengurus perizinan pemberangkatan jamaah haji.

Bukan hanya itu dalam acara resepsi penutupan Musyarawah Kerja Himpuh, pihak Muasasah Asia Tenggara memberikan 10 visa ‘furodah’ secara gratis. Namun ini dengan syarat agar HIMPUH memberikannya kepada calon haji yang berasal dari golongan orang yang tak mampu.

Redaktur : Muhammad Subarkah
BERITA TERKAIT