Lagi, Petugas Antar Pulang Lima Jamaah Usai Dirawat di Saudi
Ahad , 15 Oktober 2017, 10:55 WIB

Republika/Ani Nursalikah
Jamaah sakit (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Lima jamaah haji Indonesia yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) kambali di antar pulang oleh petugas Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah. Staf Teknis I KUH Ahmad Dumyathi Basori mengatakan, bahwa kelima jamaah ini sudah dinyatakan laik terbang dan akan berangkat  hari ini, pukul 19.30 waktu Arab Saudi.

Kelima jamaah tersebut akan dilepas oleh Dumyathi bersama Tim KUH KJRI di Jeddah. “Persiapan pemulangan sudah selesai. Medical Information Form (MEDIF) yang dikeluarkan pihak berwenang dan sekaligus menjadi syarat kelaikan terbang sudah keluar. Tiket kepulangan jamaah juga sudah siap,” kata Dumyathi, Sabtu (14/10) sore.

Menurut Dumyathi, kelima jamaah ini akan pulang dengan treatment yang berbeda-beda. Tiga jamaah dalam posisi duduk sehingga hanya membutuhkan satu kursi (seat). Sedang dua jamaah lainnya pulang dalam posisi berbaring dengan alat bantu kesehatan atau strecher. Untuk posisi ini, masing-masing membutuhkan minimal 3 seat pada penerbangan internasional dan 12 seat pada penerbangan domestik)

Kelima jamaah tersebut adalah:
1) Siti Rahmah binti H Abdullah Ludwi-kloter 9 Embarkasi Lombok (LOP 09)-pulang dengan posisi duduk
2) Marsinah Karmat Sarmin binti Karmat-kloter 94 Embarkasi Solo (SOC 94)-pulang dengan posisi duduk
3) Sayad bin Sarjad-kloter 16 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 16)-pulang dengan posisi duduk

4) Masenin bin Melih Sarip-kloter 17 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 17)-pulang dengan posisi baring dengan alat bantu kesehatan (strecher)
5) Juminah binti Wiro Dimerjo-kloter 06 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 06)- pulang dengan posisi baring dengan alat bantu kesehatan (strecher)

Sebelumnya, jamaah atas nama Masdar Asngari Abu Kasan sudah pulang ke Tanah Air pada Jumat (13/10) kemarin. Jamaah yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Solo (SOC 04) ini sudah diantar petugas ke rumahnya di Banyumas.

Ada 60 jamaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS pasca berakhirnya operasional haji 1438H/2017M. Empat jamaah di antaranya wafat di Arab Saudi. Dengan kembalinya lima jamaah ini, total sudah ada enam yang pulang ke Indonesia. "Jadi, masih ada 50 jamaah yang saat ini menjalani perawatan di RSAS," ujarnya.

Menurut Dumyathi, ada empat jamaah lagi yang sudah keluar MEDIF nya dan saat ini sedang menunggu tiket dan persiapan pulang. Keempat jamaah tersebut adalah Muh Yusroni Atom Pawiro (SOC 78), Udir Tio Sardam (JKS 58), Hatmi Sutjipto Kasandihardja (SOC 43), dan Sutrisno Broto Wiharjo (SOC 27).

“Kalau semuanya sudah siap, keempat jamaah ini juga akan segera kami proses kepulangannya,” tandas Dumyathi.


Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id
BERITA TERKAIT