Wisata Ziarah Mengunjungi 11 Lokasi Bersejarah di Madinah
Sabtu , 28 October 2017, 12:03 WIB

suadigazette.com
Bus wisata keliling kota Madinah.

IHRAM.Co.ID, MADINAH — Pengunjung ke kota suci Madinah sekarang bisa pergi mengunjung berbagai tempat berrsejarah yang ada di kota nabi itu. Mereka dilayani dengan bus turis khusus dengan paket yang disebut City Sightseeing di Madinah.

Layanan yang selama ini telah beroperasi di 160 kota di seluruh dunia, mulai diperkenalkan di Madinah pada tahun ini. Tujuan paket wisata ini adalah untuk menawarkan peziarah dan pengunjung tur unik yang menjadi tengara kota.

Biaya tiket per paket di brandol 80 Real Saudi dan berlaku selama 24 jam setelah pembelian. Bus memungkinkan para peziarah untuk naik dan turun di sepanjang rute tetap dengan bus Keliling Kota yang sering dikunjungi setiap 30 menit.
Inisiatif layanan ini diawasi oleh Otoritas Pembangunan Madinah dan dijalankan oleh Jawla. Ada 11 pemberhentian dan pengunjung dapat mendengarkan informasi sejarah dan budaya sepanjang rute dalam delapan bahasa yang mencakup bahasa Arab, Inggris, Prancis, Turki, Urdu, Persia, Malaysia, dan Indonesia.

Bus bus dua tingkat dan mampu membawa 63 penumpang pada satu waktu. Operator mengatakan bahwa bus tersebut dapat membawa 675.000 peziarah setiap tahun dengan rencana untuk meningkatkan kapasitas ini menjadi 1,35 juta.
11 pemandangan yang akan dapat dinikmati pengunjung bus antara lain: Masjid Suci, Al-Baqi, Area Terbuka Al-Manakha, Gerbang Al-Salam, Masjid Uhad, Al-Nour Mall, Jalan Sultana, Masjid Al-Qiblatain, Tujuh Masjid di dekat lokasi Pertempuran Trench, Masjid Quba, dan Stasiun Kereta Hijaz.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan jumlah pemberhentian menjadi 33," kata Taha Al-Jwaiber, Operations Controller di City Sightseeing Madinah, seperti dilansir saudigazette.com.

“Kami sekarang meningkatkan kesadaran tentang proyek ini. Pada saat yang sama kami berupaya menambahkan lebih banyak perhentian ke daftar untuk mengubah Madinah menjadi tujuan wisata yang banyak ditawarkan,’’ ujarnya lagi.

Ada 11 Pemberhentian:

1. Masjid Nabawi: Tur dimulai dari sini dengan Stasiun Wisata Kota utama di depan Gerbang 21 yang terletak di sebelah utara Masjid Nabawi.

2. Gerbang Al-Salam: Inilah gerbang utama yang menuju ke bagian Masjid Nabawi di mana para peziarah mempersembahkan salam mereka di kuburan Nabi saw. Terletak di sisi barat Masjid Nabawi.

3. Al-Manakha: Ini adalah area terbuka yang terletak di sebelah barat Masjidi Nabawi di mana Nabi Muhammad SAW mendirikan sebuah pasar. Secara linguistik, kata "manakha" mengacu pada tempat dimana unta beristirahat setelah melakukan perjalanan. Kawasan ini juga merupakan tempat tinggal Masjid Al-Gamama atau Masjid Awan. Nabi Muhammad SAW biasa menawarkan shalat Idul Fitri di lokasi masjid ini dan juga salat al-Istisqa (hujan doa). Daerah sekitar Masjid Al-Gamama baru-baru ini dikembangkan dan merupakan rumah bagi air mancur dan tempat jamaah haji beristirahat dan bersantai. Masjid lain di sekitarnya termasuk Masjid Abu Bakar dan Masjid Umar.

4. Pemakaman Al-Baqi: Makam suci ini terletak di sebelah tenggara Masjidil Haram. Pemakaman adalah tempat peristirahatan sejumlah besar Sahabat dan anggota keluarga Nabi SAW.

5. Jabal Uhud: Ini adalah lokasi di mana Perang Uhud yang terkenal berlangsung. Pengunjung juga dapat dengan hati-hati memanjat sebuah bukit kecil tempat Nabi (SAW) menempatkan sekelompok pemanah Muslim selama pertempuran. Pengunjung dapat membeli produk lokal di sini seperti kurma, henna, jamu, dan tasbih.

6. Masjid Al-Qiblatain: Ini adalah masjid yang terkenal dimana Nabi (Nabi) diperintahkan, saat sholat, untuk mengubah arah doanya dari Al-Aqsa di Bayt Al-Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Makkah.

7. Masjid Quba: Ini adalah masjid besar berwarna putih dengan menara dan banyak pohon palem. Pengunjung sering shalat di masjid ini, seperti kebiasaan Nabi SAW pada hari sabtu. Ada sebuah pameran di dekat masjid yang memamerkan tempat wisata utama kota dan manuskrip Arab. Ada juga banyak penjual jalanan lokal di sekitar masjid yang menjual telur segar, ramuan lokal, tasbih, dan bunga.

8. Al-Nour Mall: Ini adalah kompleks perbelanjaan modern yang penuh dengan toko, food court dan area hiburan untuk anak-anak.

9. Sultana Street: Ini juga merupakan area perbelanjaan modern yang juga merupakan rumah bagi sejumlah restoran populer.

10. Tujuh Masjid: Ini adalah sebuah masjid besar yang dibangun di tujuh masjid kecil di sebelah selatan Sala, sebuah tempat  dimana Pertempuran Khandaq atau Pertempuran Parit terjadi. Kawasan yang sama juga merupakan rumah bagi Masjid Al-Fath dimana Nabi (SAW) berdoa dan dijanjikan dia akan menaklukkan Makkah.

11. Stasiun Al-Hijaz: Ini adalah stasiun kereta api era Utsmani yang telah berubah menjadi museum tentang kota suci.

 

Redaktur : Muhammad Subarkah
BERITA TERKAIT