Umrah Tahun ini dalam Hal Waktu dan Jalan, Semakin Baik
Selasa , 14 November 2017, 13:01 WIB

Republika/ Amin Madani
Jamaah haji yang menggunakan kursi roda banyak juga dijumpai ikut bersama kerabat dan rekannya berjalan kaki dari Mina menuju Makkah. Jarak yang ditempuh oleh rombongan jamaah haji tersebut bisa mencapai sekitar 7 kilometer (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Menurut sebuah laporan baru-baru ini yang dipublikasikan di Arab Saudi menyebutkan, bahwa jamaah umrah semakin dimudahkan dalam menunjang keberlangsungan ibadah mereka. Kini, jamaah tidak memerlukan waktu lama untuk menyelesaikan semua prosedur. Selain itu adanya perbaikan jalan antara Makkah dan Mina, akan semakin mempermudah transportasi para jamaah.

Dilansir dari Muslimink, bahwa umrah tahun ini dalam hal masuk dan keluar dari terminal haji di Jeddah untuk menaiki bus ke Makkah atau Madinah tidak memerlukan waktu lebih dari 20-25 menit. Setelah tiba, jamaah akan melewati pengecekan seperti paspor, bea cukai sekaligus wajib untuk divaksinasi dan diperiksa kesehatannya.

Cek kesehatan ini diadakan oleh kantor kesehatan agen terpadu yang bertanggung jawab untuk mengarahkan jamaah ke tempat asal mereka. "Lebih dari 15 ribu pria dan wanita Saudi yang bekerja di terminal, " kata seorang pejabat setempat, Senin (13/11).

Selain itu sebuah lokakarya tentang haji telah menyarankan pembangunan jalan pelengkap antara Masjid Agung di Makkah (Haram) dan Mina, tempat para jamaah tinggal setidaknya tiga malam selama puncak ibadah. Lokakarya tersebut meliputi sekitar 130 ahli dari 45 departemen pemerintah dan swasta yang berpartisipasi.

Mereka menyarankan bahwa jalan pendukung harus diperluas ke wilayah perluasan utara Haram. Hal ini sekaligus mengusulkan untuk membatasi intensitas harian jalan antara Makkah dan Madinah hingga maksimal 50 ribu jamaah.

Redaktur : Agus Yulianto
Reporter : Mgrol97
BERITA TERKAIT