Gelar Evaluasi, Kemenag Bahas Empat Isu Peningkatan Layanan
Rabu , 15 November 2017, 08:05 WIB

Evaluasi haji 2017

IHRAM.CO.ID, LOMBOK -- Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag menggelar evaluasi layanan akomodasi, konsumsi, dan transportasi darat jemaah haji. Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, evaluasi bertujuan memperdalam dan menindaklanjuti hasil rakernas.

"Ada empat isu yang akan dibahas, yaitu: sistem penyewaan hotel, strategi penempatan haji di Mina, kebutuhan penambahan katering jemaah, dan percepatan qurah jemaah," kata Sri Ilham Lubis di Lombok, Selasa (14/11).

Evaluasi ini diikuti oleh para Kabid Haji Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia, para Kasektor Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1438H/2017M, serta para pejabat eselon III dan IV Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Tampak hadir juga Ketua Komisi VIII Ali Taher dan Kakanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dibuka Dirjen PHU Nizar Ali.

Nizar mengingatkan, jajarannya bahwa layanan haji luar negeri menjadi tulang punggung penyelenggaraan haji. Karenanya, evaluasi berkelanjutan penting dilakukan agar  layanan semakin baik dan berimbas pada kepuasan jemaah.

"Selama penyelenggaraan haji, hari-hari jemaah paling banyak di luar negeri, sampai 40 an hari. Sehingga, layanan perlu diperkuat agar ke depan lebih baik sehingga indeks bisa naik menjadi sangat memuaskan," tuturnya.

Nizar mencontohkan, masalah akomodasi. Menurutnya, hotel di Makkah secara umum sudah bagus. Namun di Madinah, ada sedikit persoalan seiring penambahan kuota dan terbatasnya ketersediaan hotel. “Akhir bulan ini, kita akan mengutus tim penjajakan akomodasi agar bisa segera mendapat akomodasi di Saudi,” ujarnya.

Dengan menjajaki lebih awal, Nizar berharap, dapat  memilih hotel dengan kulaitas lebih bagus dan radius semakin dekat ke Masjid Nabawi. Nizar juga menyoroti pentingnya evaluasi layanan transportasi, khususnya di Armina, dan layanan konsumsi. Dia berharap tahun ini, layanan konsumsi di Makkah bisa ditambah sebagaimaan aspirasi dari jemaah haji.

Kegiatan evaluasi ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain: Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher dan Tim Survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji dari Badan Pusat Statistik (BPS). Evaluasi akan berlangsung tiga hari hingga 16 November mendatang.



Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id
BERITA TERKAIT