Viral Surat Penetapan Pemberangkatan Haji 2018, Itu Hoax
Sabtu , 18 November 2017, 07:18 WIB

dok istimewa
Dirjen PHU Kemenag Nizar Ali

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Viral di media sosial surat penetapan pemberangkatan tahun 2018. Surat tersebut berisi nama jemaah lengkap dengan tempat tanggal lahir dan alamat.

Dalam surat itu juga tercantum No. SPPH dan No. Porsi, berikut kloter dan embarkasi. Surat tertanggal 16 November 2017 itu tertulis ditandatangani penyelenggara haji dan umroh Nur Syam.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali memastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar alias hoax. “Itu jelas hoax alias palsu. Siapapun yang mendapatkannya agar diabaikan saja,” tegas Nizar di Jakarta, Jumat (17/11).

“Surat itu ditandatangani Pak Nur Syam selaku Penyelenggara Haji dan Umroh. Padahal, beliau kan Sekjen Kemenag,” imbuhnya.


Menurut Nizar, siapa saja jemaah yang akan berangkat haji tahun ini, akan diumumkan secara resmi oleh Ditjen PHU, namun belum sekarang. Tentunya yang berangkat adalah mereka yang sesuai dengan urutan nomor porsinya.

“Nanti akan kita umumkan nama-nama yang berangkat agar bersiap untuk melakukan pelunasan. Akan tetapi belum kita lakukan sekarang,” tuturnya.

Saat ini, kata Nizar, Ditjen PHU baru selesai melakukan rakernas dan evaluasi penyelenggaraan haji 1438H/2017M. Beberapa rekomendasi rakernas sedang dibahas bersama untuk ditindaklanjuti sebagai bagian dari persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439H/2018M.

Redaktur : Agus Yulianto
Sumber : kemenag.go.id
BERITA TERKAIT